Ternyata Kopi Tak Hanya Bermanfaat untuk Menghindari Rasa Kantuk Saja Loh, Ini Buktinya!

By Healza Kurnia, Jumat, 30 Maret 2018 | 11:55 WIB
Kopi (istock) (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Jika selama ini kita tahu, kandungan kopi yakni kafein dalam tubuh membuat seseorang terhindar dari rasa kantuk dan membangkitkan energi yang tersimpan di dalam tubuh.

Namun, ternyata manfaat dari meminum kopi tak sebatas hanya untuk menghindarkan dari rasa kantuk dan beragam tujuan lainnya.

Dilansir dari Daily Mail, dalam sebuah hasil penelitian terbaru tiga cangkir kopi sehari dapat membantu penderita penyakit ginjal kronis untuk hidup lebih lama.

Baca juga: Begini Tips Agar Hubungan Tetap Romantis setelah Memiliki Anak, Yuk Dicoba!

Sebuah studi yang diikuti lebih dari 2.300 pasien selama 12 tahun menemukan bahwa mereka yang banyak minum kopi memiliki pengurangan resiko kematian hingga seperempat.

Satu atau dua cangkir juga meningkatkan peluang peserta untuk bertahan hidup masing-masing sebesar 12 dan 22 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menyentuhnya.

Periset Portugis percaya bahwa hasil ini menyarankan pasien ginjal kronis untuk minum lebih banyak kopi.

Pejabat kesehatan Eropa menyatakan bahwa batas aman konsumsi kafein orang dewasa adalah tidak lebih dari 400mg setiap hari yang setara dengan empat cangkir kopi instan.

Baca juga: Unik Banget! Ternyata Ini Arti dari Nama Anak Kedua Nycta Gina dan Kinos

Selain itu, sebuah tinjauan besar yang dilakukan oleh International Life Sciences Institute (ILSI) pada bulan April mengkonfirmasi bahwa jumlah kafein ini aman dikonsumsi setiap hari.

Mereka menilai lebih dari 740 studi tentang efek kafein pada manusia untuk membuat klaim tersebut.

Nah, bagaimana? Apakah ingin menghabiskan libur panjang akhir pekan dengan minum kopi? 

Tapi ingat, jangan terlalu banyak, ya!(*)