Punya Pasangan yang Pernah Kecanduan Merokok? Coba Beri Buah Ini Agar Paru-Parunya Tak Cepat Menua

By Healza Kurnia, Senin, 2 April 2018 | 07:45 WIB
Paru-paru bisa kempis saat berteriak terlalu keras ketika nonton konser (Healza Kurnia Hendiastutjik)

NOVA.id - Punya pasangan yang sempat merokok atau sudah kecanduan rokok?

Mungkin hasil penelitian berikut ini bisa berguna bagi Sahabat NOVA yang memiliki pasangan yang pernah merokok dan saat ini memutuskan untuk berhenti.

Pasalnya, untuk menyembuhkan rasa kecanduan dari rokok dan memperbaiki organ tubuh khususnya paru-paru akibat merokok sangatlah susah.

Dilansir dari Daily Mail, dalam sebuah riset terbaru ternyata mengonsumsi tiga buah apel atau dua buah tomat dalam sehari bisa memperlambat penuaan paru-paru dan memperbaiki kerusakan akibat merokok.

Baca juga: Perempuan Berkumis dan Haid Tidak Teratur? Waspada Penyakit Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Namun, efek perlindungan ini hanya berlaku dengan konsumsi buah segar, yang berarti apel kalengan atau tomat olahan tidak mampu memberikan manfaat di atas.

Penurunan fungsi paru-paru dapat diperlambat hingga 10 tahun bagi para mantan perokok yang rutin mengonsumsi tomat dan buah-buahan, terutama apel.

Temuan ini menawarkan harapan cara bagi perokok untuk menghindari berkembangnya gangguan paru obstruktif kronik yang tidak dapat disembuhkan (COPD).

Apa itu COPD?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Gejala Autoimun, Penyakit yang Menyerang Kakak Tiri Shireen Zungkar

COPD adalah istilah umum untuk penyakit dari emphysema sampai bronkitis akut yang dapat menyebabkan mengi dan sesak napas.

Penulis utama studi Dr Vanessa Garcia-Larsen mengatakan penelitian ini menunjukkan bahwa diet dapat membantu memperbaiki kerusakan paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok.

"Ini menunjukkan bahwa nutrisi dalam makanan tersebut membantu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh rokok," tambah Dr Garcia-Larsen.(*)