Ups, Terjebak di Gang atau Jalanan Sempit? Gunakan 3 Trik Ini Saja

By Healza Kurnia, Minggu, 22 Juli 2018 | 11:30 WIB
Salah satu peserta Women's Defensive Driving with Suzuki saat melakukan parking challenge di event Otobursa Tumplekblek Gambir Expo Kemayoran Sabtu siang (21/7) (Healza)

NOVA.id - Saat sedang berlibur dan tidak menemukan lokasi tersebut tentu kita mencoba melakukan pencarian atau tracking melalui aplikasi maps digital seperti Google Maps, Waze atau masih banyak lainnya.

Akan tetapi, tak selamanya aplikasi mereka mampu mendeteksi bahwa itu jalan yang Sahabat NOVA lalui adalah jalan-jalan mulus dan besar.

"Justru sebaliknya, malah kita akan menemukan jalur-jalur sempit dan menantang buat kita lalui," ujar Sony Susmana, instruktur Defensive Driving dari SDCI.

Sony menjelaskan untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para perempuan pada khususnya saat menyetir.

  1. Ukur size kendaraan

Sebelum masuk ke dalam jalan sempit atau gang sempit kita harus mengukur dulu apakah kendaraan kita muat untuk masuk ke dalam gang tersebut.

"Jadi, hitung dulu panjang lebar hingga tingginya jika ada gang yang model gardu sehingga tidak menabrak batas atasnya," jelas Sony.

  1. Cermati Situasi Sekeliling

Sony menjelaskan bahwa saat masuk gang-gang sempit atau jalanan sempit harus benar-benar cermat melihat situasi yang ada di sekeliling.

Misalnya, seperti apakah pintu rumah atau gerbang rumah di jalanan tersebut buka atau tutup.

Hal ini biasanya untuk mengantisipasi apakah ada orang rumah yang keluar atau tidak.

  1. Pastikan tidak memaksa

Jika seolah-olah insight atau penglihatan kita bisa menerobos jalur sempit, cobalah untuk menutup spion.

Bisa dengan menggunakan fitur tombol spion otomatis atau secara manual dengan menutup sendiri agar tidak menggores body mobil.(*)