Pria Ini Hanya Habiskan Rp290 Juta untuk Tur 13 Negara! Begini Caranya

By Alsabrina, Senin, 30 Juli 2018 | 16:30 WIB
Jeremy Helligar (dok. Jeremy Helligar)

NOVA.id – Siapa yang tidak suka dengan jalan-jalan. Kegiatan ini kerap menjadi pilihan ketika sedang mengambil cuti kerja atau anak sedang libur sekolah.

Biasanya, jalan-jalan ke luar negeri menjadi opsi. Banyak orang yang rela menabung demi traveling ke negara yang diidamkan.

Seperti pria asal New York yang juga seorang penulis buku satu ini. Jeremy Helligar menabung untuk berkelana keliling dunia. Tak tanggung, ia telah mengunjungi 13 negara dalam 1 tahun dengan menghabiskan uang US$20.000 atau setara dengan Rp290 juta.

Baca juga: Lakukan Solo Traveling akan Menambah Kebahagiaan Menurut Studi

Jeremy mengatakan bahwa uang sebanyak itu telah ia gunakan untuk tiket pesawat, transport di negara tersebut, penginapan, makan, hingga pergi ke tempat wisata.

Ia pun memberikan tipsnya untuk “traveling hemat” ke 13 negara. Ia memang memilih negara berkembang seperti asia dan eropa timur untuk dikunjungi.

Ini dikarenakan kebanyakan negara berkembang memiliki tempat wisata sekaligus dekat dengan pusat perbelanjaan.

Sehingga, Jeremy tak perlu ongkos terlalu jauh ketika ingin pergi ke tempat wisata dan tempat makan sekaligus.

Baca juga: Ingin Jalan-Jalan ke Turki? Ini 4 Tujuan Wisata Menarik yang Bisa Kita Kunjungi

Begitu juga ketika memilih tempat penginapan. Alih alih memilih hotel, Jeremy akan mencari hostel atau tempat penginapan low budget lainnya.

Sedangkan untuk transport, ia hanya mengandalkan jalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Apabila pergi ke negara yang berdekatan, ia hanya akan mengandalkan transportasi publik.

Menurutnya, ini adalah seni untuk mengorganisir pendapatan.

“Jika saya bisa berpegian ke berbagai negara dengan US$20.000, kalian juga bisa berpergian. Bahkan, tak sebanyak yang saya keluarkan”, ujar Jeremy.