Perempuan Sering Jadi Penyebab Kecelakaan? Ini Jawaban Ahlinya di Energetic Defensive Driving Experience

By Healza Kurnia, Sabtu, 6 Oktober 2018 | 13:29 WIB
Sony Susmana, perwakilan dari SDCI ketika memberikan pemaparan kepada peserta Energetic Defensive Driving Experince with Suzuki bersama Pemimpin Redaksi Tabloid NOVA, Indira Dian Saraswati Susmana, dan Ryohei Uchiki, perwakilan dari Suzuki Indomobil Sales Indonesia serta Dewi Paramitha, influencer defensive driving Sabtu (6/10) di Mall Alam Sutera (Yannis Rudolf Pratasik/NOVA)

NOVA.id - Seringkali menjadi penyebab dari kecelakaan saat berkendara, tentunya membuat kita wajib memahami berbagai peraturan keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara.

Tak hanya memahami bagaimana mengendarai mobil saja dengan baik dan aman, namun unsur kebugaran dan kesehatan juga merupakan faktor penting dalam mengendarai kendaraan seperti mobil.

"Jadi, kita wajib fokus ketika berkendara supaya tidak membahayakan pengendara lain seperti bermain HP, melakukan stretching sebelum berkendara dan mengontrol laju kendaraan," ungkap Sony Susmana, instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia di Mall Alam Sutera Sabtu pagi (10/6).

Dalam sesi talkshow Energetic Defensive Driving kerja bareng NOVA dengan Suzuki, pria yang akrab disapa Sony ini juga memaparkan bahwa saat berkendara wajib mematikan handphone agar fokus ketika menyetir.

Tak hanya itu saja, meski perempuan seringkali dikenal cool dalam mengendarai mobil tapi menurut Sony seringkali mereka tidak memerhatikan peraturan-peraturan yang berlaku.

"Misalnya seperti menggunakan bahu jalan saat di tol, atau berjalan tidak di lajur yang ditetapkan, saat belok tidak memberi sein," terang dia.

Selain itu, Pemimpin Redaksi NOVA, Indira Dian Saraswati juga memaparkan beragam fakta yang ada tentang keselamatan dari perempuan ketika berkendara.

"Fakta-fakta ini bukan berarti menyudutkan kita sebagai perempuan, tapi jadikanlah fakta-fakta ini sebagai refleksi diri," urainya.

Indi, begitu dirinya disapa juga menjelaskan bagaimana bahwa ada banyak faktor penyebab kecelakaan seperti lupa mengecek fitur mobil, mengemudi dalam kecepatan tinggi saat terburu-buru hingga tidak fokus saat berkendara.

Oleh karenanya, pada talkshow kali ini Ryohei Uchiki, perwakilan dari Suzuki Indomobil Sales Indonesia membeberkan beberapa fitur-fitur yang harus dikenali oleh para peserta saat mengendarai mobil.

"Saat ini banyak perangkat yang canggih tapi tak banyak yang mengetahui hal ini. Padahal itu sangat penting agar kita selamat di jalan," tutup Uchiki.(*)