NOVA.id – Bisnis Penerbangan Indonesia kini kedatangan pemain baru, yakni maskapai swasta Super Air Jet. Menyasar milenial fokus utama maskapai ini adalah menawarkan konsep berbiaya rendah alias low cost carrier (LCC).
Melansir dari Kompas.com, Selasa (4/5) Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari, menjelaskan saat ini Super Air Jet bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan.
Persiapan tersebut mengacu berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam rangka mempersiapkan penerbangan perdana, yang dijadwalkan dalam waktu dekat.
Azhari menjelaskan, Super Air Jet didirikan atas dasar optimis bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas.
Dan masih adanya permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial.
Menurutnya, hal ini sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga angkutan udara dalam upaya mobilitas orang dan barang sangat dibutuhkan, sejalan konektivitas antarwilayah agar saling terhubung dan tercipta dengan baik.
Baca Juga: Ini Alasan Terbang Bersama Garuda Indonesia di Tengah Pandemi Bikin Nyaman dan Aman
“Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit,”ujar Azhari.
Super Air Jet menawarkan layanan dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional.
Pada tahap awal, Super Air Jet akan mengoperasikan armada generasi terbaru yaitu Airbus A320- 200 yang berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi, yang nyaman di kelasnya, tempat duduk ergonomis.
Baca Juga: Bisa Jadi Inspirasi, Simak Cerita Para Milenial yang Sukses Berbisnis hingga ke Luar Negeri
Mengapa Milenial?
Azhari menjelaskan Dari faktor demografis, Super Air Jet akan berada pada kalangan muda atau milenial.
“Gnerasi milenial menjadi fokus utama perusahaan guna mengakomodir segmen perjalanan udara mengalami pertumbuhan paling cepat di berbagai negara, termasuk di Indonesia,”ujarnya.
“Super Air Jet telah melihat peluang di era kekinian saat ini hingga mendatang, menegaskan bahwa loyalitas generasi lebih muda hanya akan didapatkan melalui pengalaman (experience),” sambungnya.
Baca Juga: Ingin Liburan di Masa Pandemi? Yuk Ikuti 5 Tips Ini agar Aman dan Nyaman
View this post on Instagram
Peluang tersebut ditangkap perusahaan melalui sejumlah pertimbangan generasi muda.
Pertama, kecenderungan dan pertimbangan dari perkembangan teknologi yang pesat, dengan demikian anak-anak muda lebih mementingkan pengalaman langsung.
Kemudian, berkeinginan untuk mengunjungi langsung ke kota-kota yang menawarkan pengalaman tersendiri.
Selain itu, tertarik untuk menggali berbagai atraksi atau mengeksplor keindahan suatu tempat, khususnya objek wisata dan sangat berkesan pada hal unik.
Baca Juga: Liburan ke Bali, Rencanakan Wisata Sejarah ke 6 Museum Ini yuk!
Anak-anak muda mayoritas telah memiliki penghasilan sendiri dan dapat mengelola keuangannya, sehingga mampu menyisihkan banyak bujet (anggaran) untuk perjalanan.
Setiap pilihan untuk terbang pasti sudah dipertimbangkan.
Oleh karena itu, Super Air Jet akan menjadi rekomendasi bagi wisatawan dan pebisnis generasi muda.
"Segmen kawula muda akan terus tumbuh pesat dan Super Air Jet bersiap untuk meraih pasar itu melalui konsep super cost yakni menawarkan layanan maskapai berbiaya paling hemat, sehingga lebih terjangkau,” ujarnya.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Dinni Kamilani |
Editor | : | Dionysia Mayang Rintani |
KOMENTAR