NOVA.id – Dinamika di lingkungan kerja menuntut kita untuk bisa siap pada kondisi tertentu.
Misalnya, untuk memimpin sebuah pertemuan atau rapat, baik dalam kelompok kecil maupun besar.
Tentu saja dibutuhkan kesiapan dan kemampuan, terutama pada pengambilan keputusan penting yang menjadi target dari rapat tersebut.
Sedangkan yang ada di hadapan kita bukan satu-dua orang saja, dan kesemuanya bisa jadi memiliki aspirasi yang berbeda.
Tugas kita tak hanya menjadi seorang pemimpin dalam kelompok tersebut, namun juga harus bisa mengendalikan suasana agar rapat bisa kondusif dan bisa mencapai target.
(Baca juga : Akan Pergi Berlibur dengan Keluarga? Ini Besar SPF yang Dianjurkan Agar Kulit Terlindungi)
Untuk itu, Yuliana F. Hartanto, pendiri dan pengajar Guru Grooming membagikan kiatnya untuk kita.
Persiapkan Diri
Bila telah diberi delegasi memimpin rapat, pergunakan kesempatan untuk mempersiapkan diri.
Poles diri dan bekali diri, bila perlu lakukan riset dari topik diskusi rapat sebelumnya.
“Memimpin pertemuan itu memang gampang-gampang susah. Anda perlu tahu kapan harus berbicara, tahu kapan kita harus berhenti berbicara, dan beri kesempatan pada orang lain, juga bisa tegas memberi kesempatan pada tiap peserta untuk menyampaikan masing-masing aspirasinya,” kata Yuliana.
(Baca juga : Sebaiknya Asuh si Kecil dengan Pola Autoritatif, Ini Alasannya)
Penulis | : | Dionysia Mayang |
Editor | : | nova.id |
KOMENTAR