Follow Us

Buat 4 Daftar Ini Bila Ingin Lebih Bahagia

nova.id - Jumat, 20 Juni 2014 | 09:02
Buat 4 Daftar Ini Bila Ingin Lebih Bahagia
nova.id

Buat 4 Daftar Ini Bila Ingin Lebih Bahagia

"(image: HUFFINGTON POST) "

TabloidNova.com - Bagi sebagian besar orang, menulis merupakan terapi paling ampuh untuk sekedar memetakan masalah, kebutuhan atau pencapaian-pencapian dalam hidup. Ternyata menuliskan banyak daftar-daftar yang diperlukan dalam kehiupan sehari-hari tebrukti bisa membangun motivasi seseorang dengan baik. Bahkan penelitian menyebutkan bahwa seseorang selayaknya menuliskan daftar-daftar pribadi untuk membantunya hidup dalam kerangka yang utuh, secara mental maupun emosional.

Bagi mereka yang kerap kehilangan fokus, sebuah daftar juga bisa membantu untuk tetap menjaga tujuan-tujuan dan segala proses menuju tujuan hidup yang terbaik. Daftar-daftar tersebut pun niscaya bisa membantu di saat kesesakan sebagai bahan introspeksi yang ampuh. Selain "to-do list" yang membosankan, mungkin Anda bisa mengubahnya menjadi "To Be Happy list", atau apa saja yang bisa membuat Anda meraih kebahagiaan lebih.

Ambil waktu sejenak, di tempat yang sunyi kalau memungkinkan dan cobalah menuliskan empat daftar penting ini. Tulis sebebasnya. Tak ada batasan jumlah keinginan atau apapun yang bisa Anda tuangkan dalam daftar ini. Kapan saja di masa depan, Anda bias membuka daftar ini dan mengevaluasi hidup dan mimpi Anda.

1. Daftar Ucapan Syukur dan Terimakasih.

Tindakan bersyukur dan berterimakasih adalah salah satu rute tercepat untuk meraih kebahagiaan. Dan hal itu akan memberikan ketenangan dan rasa nyaman dalam kehidupan Anda. Apa saja yang sudah Anda miliki dan rasakan selama ini yang lupa Anda syukuri? Tulis semua hal yang sudah berkontirbusi baik dalam kehidupan Anda dan itu akan membuat jiwa Anda tersentuh. Dalam waktu singkat, Anda akan menyadari bahwa banyak hal baik yang terjadi dalam kehidupan.

2. Daftar Pencapaian yang Membanggakan.

Apa saja yang Anda banggakan? Prestasi apa yang sudah diraih? Hal paling membebaskan apa yang pernah dialami? Tulislah semua momen-momen penting tersebut dalam daftar ini. Karena kadang kala, manusia bisa melupakan, betapa kuat dan tahan bantingnya mereka. Ketika melewati hal yang sulit, tak jarang kita lupa bahwa kita dibekali banyak hal untuk tetap bertahan. Sesekali, baca daftar ini saat kehidupan tidak berpihak pada Anda dan lihatlah efek positif yang dihasilkannya membangun semangat Anda.

3. Daftar Orang-orang yang Mencintai dan Dicintai.

Tidak ada hal yang paling membahagiakan di dunia ini daripada berhubungan dengan orang yang Anda cintai. Buatlah daftar berisikan nama mereka-mereka yang mencintai Anda sangat dalam dan juga yang Anda cintai. Mungkin bisa saja orang itu adalah orang yang selalu ada dalam kehidupan Anda, suami, istri, kekasih atau keluarga. Dengan membaca nama mereka saja bisa memberikan energi positif dalam hidup Anda dan percayalah, nama-nama itu pasti memberikan kehangatan di diri Anda.

4. Daftar Mantra Inspiratif.

Seringkali kita menemui lirik lagu, kalimat-kalimat dalam puisi atau kutipan buku yang kita rasakan sangat mewakili perasaan kita saat itu. Adakah kutipan-kutipan itu yang menjadi favorit Anda? Tuliskan semua. Buatlah daftar berisi kutipan yang menginspirasi Anda. Jadikan kalimat-kalimat itu sebagai mantra untuk bisa membuat Anda bersemangat lagi dalam meraih tujuan hidup Anda.

Dengan sekedar membuat daftar ini pastilah sudah memberikan perasaan aman dan nyaman di diri Anda. Tapi jangan berhenti di sini saja. Ketika Anda menyelesaikan daftar ini, sebarkan poin-poin dalam empat daftar ini ke dalam kehidupan keseharian Anda. Niscaya hal itu akan menjadi penggerak semangat dan membuat Anda smeakin berbahagia menjalani hidup.

Selamat mencoba!

Yetta Angelina

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular