Follow Us

Tips Mencegah Benturan di Kepala

nova.id - Senin, 16 Juni 2014 | 01:48
Tips Mencegah Benturan di Kepala
nova.id

Tips Mencegah Benturan di Kepala

TabloidNova.com - Jika terjadi benturan pada kepala, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Karena kita tidak tahu dampak apa yang terjadi sesudahnya. Apakah benturan itu menyebabkan cidera pada otak atau tidak, apakah cidera tersebut bersifat ringan atau berat, dan lain sebagainya. Kalaupun setelah terjadi benturan Anda tidak pusing atau muntah, ini pun tetap harus diwaspadai.

Namun tindakan yang terbaik tetaplah berhati-hati untuk mencegah benturan kepala. Berikut tips dari dr T. Juwono, SpS, ahli saraf dari RS Premier Bintaro Jakarta.

1. Gunakan helm saat naik motor dan seat belt saat mengendarai mobil. "Manfaat helm sangat luar biasa. Ia bisa mengurangi dampak benturan karena menahan benturan langsung di kepala. Bayangkan saja bagaimana kalau tidak memakai helm, kerusakannya akan lebih parah," paparnya.

2. Jauhkan anak-anak dari benda tumpul atau tajam di bagian ujung, seperti meja. "Berikan pengaman di sudut meja atau lapisi sudut tersebut dengan bahan yang empuk agar tidak terbentur kepalanya."

3. Begitu ada benturan cukup keras, cek apakah ada benjolan besar di kepala. "Kalau benjolannya cukup besar, lakukan CT Scan. Lalu, amati juga apakah ada perubahan tingkah laku, seperti banyak tidur atau tidak aktif seperti biasanya."

Noverita K. Waldan

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest