Banyak Diskon, Ini 3 Tips Agar Keuangan Tak Jebol Saat Harbolnas Tiba

By Alsabrina, Selasa, 11 Desember 2018 | 17:00 WIB
3 Tips Agar Keuangan Tak Jebol Saat Harbolnas (Istock)

NOVA.id - Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahunnya. Pada Harbolnas inilah biasanya e-commerce memberikan banyak diskon

Gegap gempita promosi dari pelaku e-commerce serta animo yang sangat besar dari masyarakat diiringi peningkatan signifikan transaksi tiap tahunnya memperlihatkan besarnya kemungkinan konsumen berperilaku konsumtif.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, terkadang masyarakat berpikir Harbolnas adalah kesempatan sekali dalam setahun yang harus dimanfaatkan sebanyak mungkin demi memperoleh penawaran terbaik.

Baca Juga : Ini yang Dilakukan Glenn Alinskie untuk Nastusha Hingga Buat Chelsea Olivia Cemburu

"Padahal tidak semua pembelian ini akan berujung pada sebuah keputusan yang cerdas dan tepat, terutama apabila kesehatan keuangan masing-masing tidak ditinjau secara menyeluruh," ujar Johanna dalam keterangan pers kepada Kompas.com.

Perilaku impulsif yang didorong dengan berbagai kemudahan saat berbelanja online seringkali menimbulkan masalah keuangan baru kedepannya, seperti membengkaknya tagihan kartu kredit hingga nekat berutang demi barang yang tidak terhitung kebutuhan primer.

Berikut tiga tips dari Grant Thornton Indonesia untuk berbelanja cerdas saat Harbolnas.

Baca Juga : Menyayat Hati, Curahan Rindu Ayu Dewi Seminggu Meninggalnya Ibunda

1. Cek kondisi keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan kembali apakah kamu masih memiliki utang dari pembelanjaan sebelumnya baik melalui kartu kredit ataupun institusi keuangan digital yang belakangan cukup gencar berpromosi.

Usahakan untuk melihat hingga enam bulan kedepan apakah kamu akan memiliki pengeluaran yang besar seperti pembayaran premi asuransi yang jatuh tempo, hingga uang sekolah anak.

Pastikan kamu memiliki alokasi dana yang cukup untuk membayar tagihan tersebut.

Baca Juga : 5 Usaha yang Bisa Jadi Tambahan Uang Jajan untuk Ibu Rumah Tangga