Waspada Hujan Lebat hingga Akhir Januari 2019, Berikut Titik-Titik Rawan di Indonesia hingga Berpotensi Gelombang Tinggi

By Jeanett Verica, Kamis, 24 Januari 2019 | 15:17 WIB
Ilustrasi Hujan Lebat dan Angin Kencang (iStock)

NOVA.id - Kita tahu, selama beberapa hari terakhir ini, beberapa daerah di Indonesia sedang diguyur hujan lebat dan disertai angin kencang.

Kondisi ini tentu mewajibkan kita harus selalu waspada dan berhati-hati setiap kali bepergian, Sahabat NOVA.

Apalagi berdasarkan siaran pers yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG pada Selasa (22/1), dikatakan bahwa sejauh ini masih terpantau adanya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Jawa, Kalimantan, Bali, NTB hingga NTT.

Baca Juga : Ditanya Jessica Iskandar Pilih Karier atau Sekolah, Nia Ramadhani: Duit Bro!

Hal ini pun berpotensi menimbulkan hujan lebat hingga berbagai gejala alam lainnya, termasuk potensi gelombang tinggi!

Secara khusus, BMKG di Jakarta juga memonitor adanya tiga bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia.

Salah satu bibit siklon yang saat ini berada di Laut Timor berpotensi menyebabkan potensi cuaca ekstrem berupa angin kencang di berbagai wilayah di Indonesia seperti Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Tenggara, hingga Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Idap Disleksia dan Tak Naik Kelas 2 Kali, Kini Deddy Corbuzier Justru Berpenghasilan Miliaran Rupiah Sebulan

Dari siaran pers tersebut, BMKG juga kembali menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan SIAGA dalam menghadapi periode puncak musim hujan 2019.

Khususnya dampak dari curah hujan tinggi yang akan memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, banjir bandang, dan angin kencang yang meningkat pada akhir Januari 2019.

Adapun BMKG juga menyebutkan wilayah-wilayah mana saja di Indonesia yang berpotensi diguyur hujan lebat bahkan terancam alami gelombang tinggi hingga 4 meter.

Berikut daftarnya.