Debat Capres 2019 Tahap 2 Singgung soal Unicorn, Seperti Ini Legendanya Makhluk Mistis Bertanduk

By Alsabrina, Senin, 18 Februari 2019 | 17:57 WIB
Unicorn (MadKruben)

NOVA.id – Selepas Debat Capres 2019 putaran kedua, publik dibuat menarik dengan beberapa bahasan yang berlangsung pada Minggu (17/02).

Salah satu topik yang diungkit adalah soal unicorn. Namun, yang kita ketahui tentang unicorn adalah makhluk legenda yang menyerupai kuda dan memiliki tanduk.

Pada Debat Capres 2019 tahap 2 ini, Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) bertanya soal kebijakan pengembang unicorn Indonesia kepada Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto.

Baca Juga : Jadi Tersangka, Keponakan Dewi Perssik Minta Pemeriksaannya Ditunda

"Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk dukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?" tanya Jokowi kepada Prabowo.

"Yang Bapak maksud unicorn? Unicorn? Yang itu online-online itu?" jawab Prabowo terkesan kurang siap.

Tentunya jawaban yang diberikan Prabowo menjadi perbincangan hingga menjadi trending di Twitter.

Mengutip dari Kompas.com pada Senin (18/02), unicorn adalah sebutan untuk perusahaan start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar Dollar Amerika Serikat atau setara Rp13,5 triliun.

Baca Juga : Perempuan Perlu Tahu! Dari Unicorn hingga Revolusi Industri 4.0, Ini Kata Pengamat soal Debat Capres Kedua

Di Indonesia sendiri kini sudah memiliki 4 unicorn yang sudah cukup dikenal masyarakat luas, yakni Go-jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Unicorn pertama kali dicetuskan oleh Aileen Lee, pendiri perusahaan modal ventura Cowboy Ventures.

Lee menemukan bahwa hanya 0.07% perusahaan teknologi yang menerima investasi dari pemodal ventura bisa bernilai 1 miliar dolar AS.