Diangkat Jadi Seorang Atasan? Ini Cara Terbaik yang Harus Dilakukan agar Tak Jadi Bahan Omongan Rekan Kerja

By Alfiyanita Nur Islami, Jumat, 22 Februari 2019 | 17:30 WIB
Diangkat Jadi Seorang Atasan? Ini Cara Terbaik yang Harus Dilakukan agar Tak Jadi Bahan Omongan Rekan Kerja (iStock)

NOVA.id - Perasaan canggung sering kali menghampiri seseorang yang baru saja diangkat menjadi atasan atau bos.

Kita tentu harus bisa memposisikan diri bagaimana bertindak terhadap bawahan.

Tak perlu khawatir menjadi bahan pembicaraan bawahan, jika kita bersikap dengan baik.

Baca Juga : Waspada! Ternyata, Generasi Milenial Sangat Rentan Terkena Hipertensi, Ini Pendapat Ahli

Seorang produser, Megan Tuohy pun membagikan ceritanya ketika pertama kali dirinya menjadi seorang atasan.

Ia bercerita, mulanya ia canggung untuk memerintah karena ia masih mengkhawatirkan soal omongan rekan kerja yang tidak baik pada dirinya.

Namun, yang seharusnya dilakukan ialah seorang atasan bersikap tegas dan berani untuk bicara di tempat kerja.

Baca Juga : Terkuak Foto-Foto Prewedding Irish Bella dan Ammar Zoni, dari Adat Minang hingga Jadi Kakek Nenek

Ia menjelaskan, selama kita bisa menjelaskan dengan baik dan menghormati yang lainnya dalam bekerja, maka kita pun tidak akan menjadi bahan pembicaraan.

“Kita hanya perlu melakukan perkerjaan dengan baik, bertanggung jawab, menghormati, bersikap baik, mendukung, dan jangan pernah khawatirkan hal yang lainnya,” kata Megan Tuohy.

Hal tersebut senada dengan yang dikatakan kepala komunikasi dari platform Genius, Nat Guevara berujar, kita harus menjadi andal, berdedikasi, dan adil di tempat kerja.

Baca Juga : Boyong Keluarga Besar ke Jepang, Ibunda Syahrini: Minta Doa Kelancaran untuk Semuanya, Acara Pernikahan?

“Kuncinya adalah cukup berperilaku baik tetapi juga tegas saat kita menetapkan apa yang harus dilakukan di tempat kerja,” jelasnya.

Di sisi lain, berdasarkan sebuah penelitian, enam dari sepuluh karyawan kerap kali mengeluh hal-hal buruk soal atasan mereka.

Hal ini selaras dengan riset yang melibatkan 2.000 karyawan kantoran di Inggris.

Baca Juga : Sulit Ajarkan Anak Makan Sarapan? Ahli Ini Tawarkan Solusinya!

Dalam satu tahun, karyawan bisa membicarakan soal atasan mereka selama 144 jam.

Itu artinya mereka bisa bergosip sekitar enam hari dalam setahun.

Waktu paling populer untuk membicarakan atasan adalah saat makan siang, mengeluh di media sosial atau saat sedang duduk di meja kerja.

Baca Juga : Ibunya Ditebas Dengan Parang Saat Hamil, Begini Kondisi Terkini dari Bayi yang Dikandungnya

Dari riset ini ditemukan, karyawan yang gemar bergosip soal atasan ialah karyawan perempuan.

Berdasarkan survei, sebanyak 68 persen responden perempuan mengaku sering mengeluh dan bergosip soal si bos.

Sementara itu, hanya 57 persen karyawan pria yang melakukan hal serupa.(*)