NOVA.id – Google Indonesia baru mengumumkan bahwa terjadi peningkatan selama Ramadan, di antaranya penonton YouTube meningkat 40%.
Hal itu diungkapkan Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia di Jakarta, Kamis (16/5).
“Waktu yang dilakukan saat nonton YouTube selama Ramadan di antaranya saat sahur, siang hari, dan setelah berbuka puasa,” kata Veronica.
Baca Juga: Unggah Foto 3 Hari Usai Melahirkan, Tasya Kamila Peringatkan Warganet untuk Tak Nyinyir!
Selain penonton YouTube, Google Indonesia juga mencatat adanya peningkatan aktivitas di Google Play sebesar 20%.
Biasanya pengguna mencari aplikasi game, film, atau buku untuk mengisi waktu sebelum waktu berbuka puasa tiba.
Namun, peningkatan terbesar lain terjadi juga di mesin pencarian Google Indonesia, yaitu sebesar 40%.
Kata kunci yang sering digunakan dan mengalami peningkatan selama Ramadan adalah “terbaik”, terbaru”, dan “termurah”.
Informasi penunjuk beribadah juga ramai digunakan.
“Misalnya untuk mencari arah kiblat, Google Indonesia menyediakan Qibla Finder yang bisa diakses dari mesin pencari Google,” tambah Veronica.
Baca Juga: 9 Tahun Belum Dikaruniai Buah Hati, Rianti Cartwright Kini Jalani Program Bayi Tabung
Qibla Finder akan memberikan kita informasi arah kiblat yang benar, yang disesuaikan dengan lokasi kita saat itu juga. (*)