Kejang hingga Kehilangan Libido, Waspadai 16 Gejala Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

By Tiur Kartikawati Renata Sari, Minggu, 16 Juni 2019 | 19:44 WIB
Kejang hingga Kehilangan Libido, Waspadai 16 Gejala Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules (Instagram/@sinyoritaesperanza)

NOVA.id - Baru-baru ini komedian kondang berbadan atletis, Agung Hercules dikabarkan jatuh sakit akibat mengidap kanker otak stadium 4.

Tubuhnya sampai terlihat kurus dan rambutnya yang dulu gondrong kini pelontos.

Sahabat NOVA, kanker otak ternyata memiliki banyak gejala awal yang kerap disepelekan, apa saja?

Baca Juga: Camilan Nikmat Rendah Lemak Buat Kamu Si Emotional Eater

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan ciri-ciri kanker otak yang paling umum, sebanyak 38 orang dari 50 responden atau sekitar 76 persen mengalami gejala ini.

Namun tentu sakit kepala kebanyakan bukan disebabkan oleh kanker otak, melainkan sakit kepala umum yang bisa terjadi pada siapa saja.

Bagaimana ciri-ciri sakit kepala kanker otak?

Dikutip dari CNN, Dr. Santiago Medina, co-director Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa 4.000 anak-anak yang menderita sakit kepala, satu di antaranya menderita kanker otak (CNN., Elizabeth Cohen, When a headache really is a brain tumor, 7 April 2011. Diakses 03 November 2014).

Sakit kepala karena tumor otak sangat jarang ‘berdiri sendiri’, ia biasanya diikuti oleh gejala lain seperti mual, muntah, dan pusing.

Tak jarang gejala lain yang lebih ekstrem seperti kejang-kejang, kesulitan bicara, dan masalah penglihatan mengiringi sakit kepala karena kanker otak.

Biasanya, sakit kepala yang menjadi gejala kanker otak akan terus menjadi-jadi seiring waktu, minggu demi minggu, bulan demi bulan.

Sebaiknya kita memeriksakan masalah tersebut secepatnya dengan dokter yang berkompeten.

Baca Juga: Suka Antar Jemput Anak Sekolah Naik Motor? Lakukan Ini Agar Anak Aman dan Nyaman