Hasil Survei Shopback: Rata-Rata Orang Indonesia Habiskan 2 Jutaan untuk Belanja Online Akhir Tahun

By Jenny, Jumat, 6 September 2019 | 00:00 WIB
Wow, Hasil Survei dari Shopback Rata-Rata Orang Indonesia Habiskan 2 Jutaan untuk Belanja Online Akhir Tahun (Shopback)

NOVA.id - Shopback baru saja merilis hasil survei tentang perilaku belanja orang Indonesia khususnya belanja online pada festival belanja bulanan, halbolnas, dan festival belanja tahunan.

Hasil survei dari Shopback, rata-rata orang Indonesia menghabiskan uang 2 jutaan dalam momen festival belanja.

Pada akhir tahun memang banyak festival belanja seperti yang diadakan oleh Shopback dengan nama Shopfest dan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) di Desember 2019.

Baca Juga: Yuk, Coba 3 Ide Me Time Ini agar Weekend Makin Seru

Responden Survei Shopback (Shopback)

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia.

Memang e-commerce seperti Lazada, Shopee, Agoda, Zalora, Booking.com, dan ShopFest yang didukung oleh Bank Mandiri pada 9 September hingga 30 Desember 2019 kerap melakukan festival belanja online.

Adapun, survei Shopback tersebut diikuti oleh lebih dari 5100 responden dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar dengan hasil lengkap sebagai berikut.

Baca Juga: Perlihatkan Kemesraan dengan BTP, Puput Nastiti Devi Unggah Foto Berdua Sang Suami dengan Caption Romantis

Berdasarkan survey ini, sebanyak 2/3 responden mengaku berencana akan berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu.

Di samping itu, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp500.001- Rp 1.500.000 dan sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp500.000.

Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp2.105.811.

Baca Juga: Vicky Prasetyo Ngaku Sudah 24 Kali Nikah, Curahan Pilu Hati Sang Anak: Aku Capek!

Rata-rata belanja orang Indonesia (Shopback)

Sementara itu, 5 faktor penyebab belanja online adalah kredibiltas penjual, harga, review pengguna, nama brand, dan rekomendasi dari keluarga dan teman.

Bahkan, ⅔ responden akan belanja online lebih banyak dibanding tahun 2018.

Lalu untuk kita sebagai perempuan umumnya akan membeli 5 produk ini.

Baca Juga: Dihadiri Artis Tanah Air, Kate Spade New York Rayakan Koleksi Musim Gugur 2019 dengan Adakan Presentasi Eksklusif

Pertama produk kecantikan, vitamin, dan suplemen.

Lalu, fashion, pulsa telepon, peralatan rumah tangga, dan makanan pesan antar.

Berbeda dengan perempuan, pria justru lebih fokus pada produk elektronik yang bisa digunakan secara pribadi, pulsa telepon, fashion.

Baca Juga: Nikah ke-2 dengan Perempuan 15 Tahun Lebih Muda, Rico Ceper Sebut Istrinya Jago Lakukan Hal Ini Sampai Beri Uang Tip!

Namun, dua produk terakhir sama seperti perempuan yaitu peralatan rumah tangga, dan terakhir makanan pesan antar.

Berdasarkan survei tersebut, sesuai tidak nih dengan perilaku belanja online Sahabat NOVA? (*)