Melihat Rumah BJ Habibie yang Sarat Makna, Banyak Gabungkan Tradisi Indonesia Hingga Foto Ibu Ainun yang Selalu Ada di Setiap Bagian Rumah

By Alsabrina, Kamis, 12 September 2019 | 11:03 WIB
Rumah BJ Habibie (dok. NOVA.id)

NOVA.id – Kabar duka kembali menyambangi Tanah Air, Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie tutup usia pada Rabu, (11/09) pada pukul 18.05 WIB. 

Sempat menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto, pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 ini meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya.

Jenazah BJ Habibie akan langsung disemayamkan di rumah duka, di Kuningan, Jakarta Selatan sebelum akhirnya dikebumikan di TMP Kalibata, samping makam sang istri, Ainun Habibie.

Baca Juga: Reza Rahadian Menangis Dengar BJ Habibie Wafat: Selamat Bertemu Kembali dengan Eyang Ainun

Semasa hidupnya, BJ Habibie menempati sebuah rumah di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Menilik ke masa lalu, Tim NOVA.id sempat menyambangi rumah Eyang Habibie - begitu dirinya dipanggil.

Unik dan sarat makna, begitu penggambaran awal saat memasuki rumah Bapak Teknologi Indonesia tersebut.

Ya, desain rumah biasanya merepresentasikan karakter si pemilik rumah. Begitu juga dengan rumah Presiden Ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Baca Juga: BJ Habibie Meninggal Dunia: Maia Estianty, Irwan Mussry, Mulan Jameela, dan Ahmad Dhani Tulis Ucapan Duka

Bagian eksterior rumah tampak biasa, namun ketika masuk ke dalam rumah, bagian interior rumah terlihat cantik dan menarik.

Tak hanya itu, sentuhan Indonesia terlihat di setiap sudut rumah BJ Habibie. Dimulai dari aksesori di rumah hingga penggunaan lisplang kayu tradisional.

Seperti apa desain rumah BJ Habibie? Ini dia!

Baca Juga: BJ Habibie Meninggal Dunia, Pemerintah Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang Selama Tiga Hari