NOVA.id – Batik telah menjadi identitas budaya Indonesia yang sudah dikenal hingga pasar global.
Namun, pengetahuan generasi milenial terhadap batik sekarang sudah semakin menurun, karena kertebatasan akses untuk mengenal lebih dalam mengenai batik.
Melihat masalah ini, Kementerian Perindustrian dan Yayasan Batik Indonesia meluncurkan website Yayasan Batik Indonesia dan Pasar Batik Rakyat.
Baca Juga: Berkebaya Merah Cetar, Anggunnya Penampilan Krisdayanti Dilantik Jadi Wakil Rakyat
Tujuan peluncuran website ini tentunya untuk mempermudah masyarakat mengenal pengetahuan dan perkembangan batik, serta aktivitas-aktivitas yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Yayasan Batik Indonesia.
Kehadiran website tersebut juga memberikan kesempatan untuk batik agar bisa bersaing di tengah era industri 4.0.
"Dengan adanya website, bisa diketahui yang namanya kain printing motif batik dan lukis tangan sehingga masyarakat tahu. Kita perlu promosikan terus,” jelas Direktur Jenderal Industri Mengah dan Aneka Kementerian Perindustrian RI.
Baca Juga: Geram Dituduh Pura-Pura Telepon Saat Wawancara, Mulan Jameela Tumpahkan Kemarahannya di Media Sosial