NOVA.id - Industri musik K-Pop tak bisa disangkal telah merambah ke berbagai negara.
Kepopuleran para boyband dan girlband asal Korea Selatan ini pun tak hanya ada di Asia, tetapi juga di berbagai negara di seluruh dunia.
Bahkan menurut majalah time, industri musik di negara ginseng ini disebut ekspor terbesar Korea Selatan menurut majalah TIME.
Baca Juga: Diserbu Fans Kpop karena Salah Sebut Nama NCT127, Luna Maya Minta Maaf dan Mengaku Tak Fokus
Banyak grup kpop seperti BTS dan BLACKPINK tampil dalam berbagai acara musik di berbagai negara.
Video musik yang mereka tayangkan di YouTube pun mampu mencapai ratusan juta hingga miliaran viewers.
Belum lagi dengan penjualan album mereka yang mampu mencapai jutaan kopi dalam waktu yang cukup cepat.
Baca Juga: Kpopers Siap-Siap! Minggu Ini, 4 Idola Korea akan Konser di Jakarta
Tak diragukan lagi jika penghasilan para grup K-Pop ini memiliki penghasilan yang cukup tinggi.
Dan berikut ini grup K-Pop dengan penghasilan tertinggi menurut majalah Money.
1. BTS
Grup yang memiliki 7 anggota ini menjadi boyband yang sangat populer di tahun 2019.
BTS meraih pendapatan dari penjualan album, tur konser, merchandise, dan masih banyak lagi.
Album terakhirnya Map of the Soul: Persona terjual sebanyak 3.229.032 kopi dalam bulan pertama di Korea Selatan.
Mereka juga memiliki sebuah mobile game yang membuat pundi-pundi mereka semakin bertambah.
Konser Love Yourself World Tour telah mendatangkan satu juta penggemar di seluruh dunia dan menghasilkan lebih dari 71,7 juta dollar atau 1 triliun rupiah untuk penjualan tiket.
Baca Juga: Atlet Mix Martial Art Ini Dinilai Mirip dengan RM BTS, Ternyata Ini Hubungannya dengan Sang Idol
2. Twice
Grup asal JYP Entertainment ini ada di tempat kedua menurut majalah Money.
Girlband yang dibentuk pada tahun 2015 ini menjadi beberapa bintang iklan kecantikan seperti Estée Lauder, dan minuman seperti Pocari Sweat.
Selain itu mereka juga mendapatkan tawaran iklan lebih dari 30 merek lain untuk produk pakaian, game online dan seluler, makanan dan minuman, kartu kredit, dan masih banyak lagi.
Baca Juga: The Chainsmokers Unggah Foto Bersama BLACKPINK, Mau Kolaborasi?
3. BLACKPINK
BLACKPINK menjadi girlband yang sangat diperhitungkan saat ini.
Mereka baru saja menjadi salah satu pengisi dalam konser tahunan Coachella.
Meski baru memiliki 15 lagu dengan 7 video musik, kenyataannya mereka berhasil mencuri perhatian saat datang.
Album terbaru mereka, Kill This Love terjual lebih dari 350.000 kopi di Cina dan di minggu pertama perilisan di Korea Selatan mereka menjual 250.000 kopi.
Video musik mereka yang berjudul Ddu-du ddu-du yang dirilis setahun yang lalu juga sudah mencapai lebih dari 1 miliar penonton.
Mereka juga menjadi bintang iklan beberapa merek barang ternama seperti Samsung, Louis Vuitton, Dior Beauty, dan Moonshot.
Baca Juga: Selain Lagu BLACKPINK, Ini Deretan Fakta Menarik di Film Wu Assassins yang Diperankan Iko Uwais
4. TVXQ
Jika Sahabat NOVA telah lama menjadi penggemar K-Pop, maka tak akan asing dengan TVXQ.
Grup ini berhasil menjual lebih dari 10 juta kopi dalam 10 tahun pertama karirnya, dan itu akan terus menambah pundi-pundi pendapatan mereka.
Meski Changmin dan Yunho harus menjadi duo setelah tiga orang anggotanya pergi di tahun 2011, popularitas keduanya tak luntur begitu saja.
Tiket tur Begin Again yang mereka gelar di Stadion Nissan, Jepang selama 3 hari berturut-turut dengan jumlah 1 juta tiket berhasil dijual habis.
5. EXO
Album pertama mereka, XOXO berhasil dijual lebih dari 1 juta kopi, dan album terbaru merek Don't Mess Up My Tempo, terjual lebih dari 1,1 juta kopi selama pre-sale.
Konser yang mereka gelar pun berhasil mendatangkan penggemar yang telah mengantri secara virtual lebih dari 1,15 juta orang untuk mendapatkan tiket.
Mereka juga menjadi bintang iklan untuk merek Samsung, Nature Republic, dan waralaba Star Wars.
Baca Juga: Sapa Penggemar, Chen EXO Suka Nasi Goreng, Kai EXO Kaget: Kok Kalian Jago Bahasa Korea?
6. Seventeen
Boyband dengan 13 anggota ini cukup sukses dengan menembus pasar Jepang dan tur mereka di beberapa negara.
Mereka juga menjadi salah satu bintang iklan Saem.
Baca Juga: Belum Punya Tiket Super K-Pop Festival 2019? Jangan Lewatkan Flash Sale Besok, Diskon Hingga 50%!
7. Wanna One
Berawal dari acara reality music Produce 1o1, mereka melakukan berbagai tur mulai di tahun 2017 dan 2018.
Album mereka pun terjual sebanyak 438.000 kopi fisik di minggu pertama, dan membintangi banyak program televisi.
Baca Juga: K-Popers, Siap-Siap Follow Gyeonggi K-Culture FESTA 2019 Hadirkan Deretan Artis Korea Ternama
8. Red Velvet
Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan pernah memberikan penghargaan kepada grup ini karena menjadi daya tarik internasional.
Di tahun 2018, mereka menjadi grup Kpop pertama yang pernah tampil di Korea Utara.
Baca Juga: K-Popers, Jangan Lewatkan Diskon Menarik Kolaborasi Marhen.J dan Super K-Pop Festival 2019
9. GOT7
GOT7 yang memiliki anggota dari berbagai negara ini juga memiliki daya tarik tersendiri.
Dan tur yang mereka lakukan pastinya telah membantu mendatangkan pendapatan.
Baca Juga: Seulgi Red Velvet Ungkap Alasan Mengapa Idol K-Pop Selalu Pakai Masker
Mereka juga menjadi salah satu bintang iklan untuk merek Adidas dan kosmetik seperti The Face Shop. (*)