Puncak Festival Belanja Akhir Tahun, Inilah 5 Fakta Seputar Harbolnas

By Nova.id, Kamis, 12 Desember 2019 | 12:00 WIB
Harbolnas 12.12, Inilah 3 Kategori Yang Paling Sering Diincar (idea.grid.id)

NOVA.id - Hari Belanja Online Nasional 12.12atau harbolnas 12.12 saat ini masih berlangsung, bahkan sudah dimulai sejak tanggal 11 Desember 2019 kemarin dan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Bagaimana Sahabat NOVA, sudah belanja apa saja hari ini?

Harbolnas adalah kegiatan tahunan yang biasanya diselenggarakan oleh sejumlah perusahaan e-commerce di Indonesia untuk mendorong masyarakat untuk belanja online.

Baca Juga: 3 Tips Sukses Dapat Promo Barang yang Diidamkan Saat Harbolnas 12.12

Pada puncak festival akhir tahun biasanya perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia ikut memeriahkan perayaan harbolnas 12.12 ini dengan memberikan beragam promo dan diskon besar-besaran.

Animo masyarakat pun selalu meningkat terhadap belanja online khusus di hari harbolnas ini.

Nah, kira-kira ada fakta menarik apa ya di balik harbolnas 12.12, berikut penjelasannya.

   1.Harbolnas hadir pada tahun 2012

Perayaan harbolnas pertama kali dicetuskan pada tahun 2012 oleh sejumlah e-Commerce di Indonesia yang bergabung di Asosiasi Commerce Indonesia (idEA) di antaranya, Lazada, Bukalapak, Berrybenka, PinkEmMa, Blanja, dan Zalora.

Dengan harbolnas ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan online shop di Indonesia, serta mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan belanja online.

Baca Juga: Pesta Harbolnas 12.12, Jangan Lewatkan Diskon dari Produk Ini

    2.Kementrian Republik Indonesia mendukung penuh harbolnas

Ikut mendorong peningkatan penjualan produk-produk lokal, tenyata harbolnas juga mendapat dukungan penuh loh dari tiga kementrian RI sekaligus yaitu, Kementrian Perdagangan, Kementrian Perindustrian, dan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Baca Juga: Harbolnas 12.12, Inilah 3 Kategori yang Paling Sering Diincar

  1. Harbolnas telah diikuti oleh ratusan e-Commerce

Sejak diadakan pada tahun 2012, harbolnas selalu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia.

Tak heran jika semakin tahun jumlah e-Commerce juga meningkat dan saling berlomba menawarkan beragam promo menarik dan diskon besar-besaran.

Pada tahun 2018 perayaan harbolnas telah diikuti oleh 250 e-Commerce, sedangkan untuk tahun 2019 ini sudah lebih dari 300 e-Commerce yang juga memeriahkan hari belanja online nasional.

Baca Juga: Ikut Meriahkan Harbolnas 12.12, Layanan Pesan Antar Ini Juga akan Berikan Hadiah, Mulai dari Handphone hingga Mobil!

 

 

  1. Produk UMKM tidak kalah kualitas dan peminatnya.

Untuk harbolnas pada tahun ini memang dikhususkan sebagai ajang untuk mengenalkan dan mempromosikan produk UMKM yang tidak kalah kualitasnya.

Dengan begitu produk-produk Indonesia akan semakin diminati dan tak kalah saing dengan produk luar negeri.

  1. Kata Halbolnas paling banyak dicari di mesin pencarian Google

Berdasarkan data dari Shopback ditemukan hasil yang mengejutkan, ternyata masyarakat Indonesia lebih tertarik belanja pada harbolnas dibandingkan hari- hari lainnya.

Hal ini dibuktikan dari kepopuleran hasil pencarian kata ‘Harbolnas’ di google search dari tahun ke tahun jika dibandingkan dengan festival belanja yang lainnya.(*)

Azizah Angraini Ramadini