Kandungan Pohon Kina yang Tumbuh di Jawa Barat Terbukti Bisa Sembuhkan Virus Corona, Ridwan Kamil Dorong Para Akademisi untuk Lakukan Penelitian Lebih Lanjut

By Presi, Kamis, 12 Maret 2020 | 17:06 WIB
Kandungan Pohon Kina yang Tumbuh di Jawa Barat Terbukti Bisa Sembuhkan Virus Corona, Ridwan Kamil Dorong Para Akademisi Untuk Lakukan Penelitian Lebih Lanjut (KOMPAS.com/Dian Erika)

NOVA.id - Di tengah melandanya virus corona di Indonesia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil datang dengan kabar bahagia.

Ridwan Kamil meminta perguruan tinggi bersama akademisi di Jawa Barat untuk membuat penelitian terkait manfaat klorokuin fosfat yang bisa ditemukan dari pohon kina.

Dorongan penelitian ini terjadi setelah pihaknya mengetahui bahwa kandungan klorokuin fosfat dalam pohon kina disebut bisa menjadi obat virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Presiden Jokowi Kini Akui Minum Jamu Tiga Kali dalam Sehari hingga Setiap Tamu di Istana Ikut Disuguhkan

"Saya mendengar kabar baik ini kalau bahan untuk obat corona itu ada di Indonesia, tepatnya di Jawa Barat, saya akan lihat kajiannya, sudah sejauh mana," kata Ridwan Kami, dilansir dari Kompas.com (12/03).

Dengan adanya peluang ini, Ridwan Kamil pun mendorong para ahli dan akademisi perguruan tinggi Jabar untuk terlibat aktif dalam menemukan obat penangkal virus corona.

Lebih lanjut, Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran (Unpad) Keri Lestari menjelaskan, klorokuin fosfat merupakan obat antimalaria.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Aktor Kawakan Tom Hanks dan Istri Positif Virus Corona!