Wow! Masker Kain Terbukti Minimalisasi Paparan Virus, Banyak Pilihan di Tokopedia

By Nana Triana, Kamis, 16 April 2020 | 11:08 WIB
Ilustrasi anak kecil mengenakan masker kain (DOK. Shutterstock)

NOVA.id - Sejak wabah COVID-19 merebak di Indonesia, masker menjadi barang berharga yang amat dicari oleh banyak orang. Sebab, penyakit karena virus SARS-CoV-2 tersebut memiliki tingkat penularan antar manusia yang cukup tinggi.

Penggunaan masker dipercaya dapat meminimalisasi penularan COVID-19. Pemerintah, lewat juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto, pun mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Organisasi di bawah payung PBB ini menyatakan, penggunaan masker bisa efektif mencegah penularan virus.

Perlu diketahui, virus SARS-CoV-2 mudah menular melalui droplet (cairan tubuh) dari batuk dan bersin. Rasio penularannya pun 2,5 yang artinya satu orang pembawa virus bisa menularkan 2-3 orang di sekitarnya.

“Mulai hari ini, mari kita jalankan rekomendasi WHO, yakni masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker karena kita tidak tahu di luar bisa saja berisiko menularkan penyakit yang banyak ditemukan dari orang tanpa gejala,” kata Ahmad Yurianto, seperti dilansir dari Kompas.id (05/04/2020)

Baca Juga: Takut Keluar Rumah Karena Virus? Cek Produk Pilihan Tokopedia!

Tidak hanya mengenakan masker, Sahabat NOVA juga harus tetap menjaga jarak 1-2 meter serta rutin mencuci tangan sebelum dan sesudah bepergian. Lebih baik lagi jika membawa hand sanitizer sebagai bekal menjaga kebersihan tangan saat berada di tempat umum.

Bagi Sahabat Nova yang sedang mencari masker, tetapi takut keluar rumah, sekarang bisa membelinya secara daring di Tokopedia dalam kampanye #GerakanMaskerKain. Di e-commerce tersebut, terdapat berbagai macam pilihan masker. 

1. Masker Kain

Masker kain sama seperti masker pada umumnya, tetapi memiliki perbedaan pada bahan. Masker ini dibuat dari material kain, seperti bahan katun, kaos, maupun scuba.

Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, efektivitas masker kain dalam mencegah penularan virus mencapai 70 persen, dengan jumlah lapisan dan kerapatan tenun kain yang kita gunakan.

Bukan itu saja, masker kain bisa digunakan berkali-kali asalkan rutin dicuci dalam dua hari sekali. Setelah itu, Sahabat NOVA wajib menyetrika agar masker benar-benar kering serta tetap higienis.