Bosan dengan Roti Tawar? Buat Roti Kukus Sarikaya untuk Camilan Sore

By Fathia Yasmine, Senin, 29 Juni 2020 | 13:49 WIB
Kreasi roti kukus sarikaya Kental Manis Tiga Sapi (Indofood)

NOVA.id - Sejak zaman dahulu, masyarakat Indonesia terkenal dengan kebiasaannya mengonsumsi nasi sebagai bahan makanan utama. Bahkan ada istilah yang menyebutkan kalau belum makan nasi, berarti belum makan.

Akibatnya, makanan seperti kentang, ubi, hingga roti sering dianggap sebagai makanan sambilan atau teman ngemil di pagi dan sore hari. Nah, dibanding umbi-umbian, roti lebih disenangi karena rasanya yang jauh lebih enak dan bisa digabung dengan makanan manis lainnya, misalnya selai atau meses.

Meski begitu, makan roti tawar dengan paduan yang itu-itu saja kadang terasa membosankan. Apalagi ditengah pandemi saat ini, kita harus mulai mengadopsi gaya hidup sehat, terutama menghindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food.

Jika Sahabat NOVA adalah pecinta roti sejati, sekarang tak ada salahnya mencoba untuk membuat kreasi roti yang lebih sehat, misalnya saja melalui resep roti kukus srikaya satu ini.

Baca Juga: Canggih, Masker Buatan Jepang Ini Bisa Terjemahkan Pesan ke Bahasa Indonesia dan Terima Panggilan Telepon

Selain mudah didapat dan harganya cukup murah, buah srikaya juga memiliki banyak manfaat, misalnya untuk memudahkan buang air besar, hingga mengurangi morning sickness pada ibu hamil.

Rasa srikaya yang manis juga menjadi perasa alami dalam campuran roti, sehingga tetap lezat untuk dikonsumsi kapan saja. Lalu, bagaimana cara membuat kreasi roti ini? Berikut merupakan bahan dan cara membuatnya.

Bahan

8 buah roti bun tebal, belah 2 bagian tidak putus

Bahan Selai

200 ml air

1/8 sendok teh garam