Sederet Aktivitas Seru yang Bikin Anak Betah Habiskan Liburan di Rumah

By Hotria Mariana, Sabtu, 4 Juli 2020 | 09:30 WIB
ilustrasi anak menghabiskan masa libur sekolah di rumah dengan melakukan aktivitas menyenangkan. (iSTOCK/DragonImages)

NOVA.id - Saat libur sekolah, orangtua biasanya akan mengajak anak pergi jalan-jalan, entah itu ke mal, museum, atau taman hiburan dekat rumah. Bahkan, tak sedikit yang memilih liburan ke luar kota. 

Sayangnya, keleluasaan tersebut tak bisa dilakukan untuk masa liburan sekolah tahun ini karena adanya pandemi virus corona. 

Seperti diketahui, sejak Covid-19 mewabah, semua golongan masyarakat, termasuk anak-anak, diimbau untuk melakukan aktivitas dari rumah. 

Meski kondisi saat ini sedikit lebih longgar lantaran penerapan new normal, imbauan tersebut masih tetap berlaku. Jadi, jika Sahabat NOVA sempat berencana mengajak anak bepergian, sebaiknya pertimbangkan kembali demi keselamatan si buah hati. 

Lagi pula, esensi libur sendiri adalah mengistirahatkan diri sejenak dari rutinitas sehari-hari, seperti bekerja atau belajar. Karenanya, liburan tak melulu harus diisi dengan agenda bepergian, apalagi sampai menghabiskan biaya. 

Baca Juga: Liburan Seru Bersama Anak

Masih ada beragam opsi kegiatan positif dan menyenangkan lainnya yang bisa Sahabat NOVA lakukan bersama anak di rumah untuk mengisi waktu liburan mereka. 

Membuat DIY play dough 

Do it yourself (DIY) atau yang dalam bahasa Indonesia disebut swakriya merupakan aktivitas menciptakan, memodifikasi, atau memperbaiki suatu benda menjadi lebih fungsional lagi dengan memanfaatkan bahan dan peralatan yang ada. 

Kegiatan DIY memiliki sejumlah manfaat, salah satunya menjaga ketajaman otak. Bila aktivitas ini Sahabat NOVA ajarkan pada anak, tidak menutup kemungkinan si kecil tumbuh menjadi anak cerdas dan kreatif. 

Umumnya, aktivitas DIY bersama anak terwujud dalam bentuk membuat mainan. Plastisin  atau play dough adalah salah satu contohnya.  

Plastisin sebenarnya bisa didapat dengan mudah karena Sahabat NOVA bisa membeli di toko mainan. Namun, akan lebih baik jika mengajak anak untuk membuat sendiri.