Masuki Era New Normal, Ini Tantangan yang akan Dihadapi Orang Tua terhadap Anak, Berikut Solusinya!

By Widyastuti, Senin, 6 Juli 2020 | 17:48 WIB
Ilustrasi - Masuki Era New Normal, Ini Tantangan yang akan Dihadapi Orang Tua terhadap Anak, Berikut Solusinya! (Freepik)

 

NOVA.id - Indonesia kini sedang dihadapi dengan rencana penerapan kebijakan tatanan normal baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19.

Hal tersebut juga pasti mengharuskan para orang tua dan keluarga menyesuaikan cara pengasuhan dengan kondisi saat ini.

Sebab menurut Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Lenny N Rosalin orang tua menghadapi sejumlah tantangan dalam pengasuhan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tabloid NOVA Terbaru: Demam Drakor Menjamah hingga ke Indonesia, Ternyata Begini Kehidupan Asli Artis Korea Menurut Salah Satu Sumber yang Tinggal di Sana

“Orang tua menghadapi beberapa tantangan baru seperti perubahan rutinitas yang signifikan, kesulitan interaksi, kesulitan psikososial dan ekonomi, manajemen emosi dan energi, ketidakpastian masa depan, serta adaptasi terhadap teknologi,” ujar Lenny dalam Webinar bertajuk Gembira Bersama Keluarga Melalui Komunikasi dan Pengasuhan Positif di Era New Normal.

Lenny menjelaskan, relasi kuasa dalam keluarga harus mulai dikikis guna menghadapi sejumlah tantangan tersebut dengan tidak memosisikan diri orang tua dengan anak sebagai atasan dan bawahan. Orang tua juga perlu melibatkan anak dalam berdiskusi dan menjadi sahabat bagi anak.

“Orang tua dan seluruh anggota keluarga bertanggungjawab membangun iklim positif di rumah. Ada tips bagi orang tua agar bisa menjadi sahabat anak dengan melakukan 9 M.

Memberi pujian dan apresiasi, menjadi pendamping yang baik, menjadi pendengar yang baik, menghargai privasi anak, dan meyakinkan bahwa orang tua peduli. Orang tua juga perlu memberi ruang gerak anak, meningkatkan rasa percaya diri anak serta menjadi inspirasi dan panutan bagi anak,” jelas Lenny.

Baca Juga: Masih Bungkam Terkait Perceraiannya, Engku Emran Tiba-Tiba Unggah Banyak Foto yang Isyaratkan Kerinduan, untuk Laudya Cynthia Bella?