Mudah Tersulut Emosi hingga Gampang Marah-Marah? Coba Atasi dengan 6 Cara Ini yuk!

By Widyastuti, Senin, 13 Juli 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi tersulut emosi (iStockphoto)

NOVA.id – Setiap orang pasti pernah mengalami emosi dalam hidupnya. 

Bahkan lantaran mudah tersulut emosi, banyak orang yang jadi gampang marah

Apakah Sahabat Nova termasuk seseorang yang sulit mengendalikan rasa amarah? Jangan sepelekan masalah yang satu ini Sahabat Nova!

Rasa marah ternyata bisa mengganggu kesehatan tubuh kita lho. Kita bisa sulit tidur, terkena hipertensi, penuaan wajah, bahkan memicu sakit jantung.

Jika Sahabat Nova sulit mengendalikan rasa amarah, yuk coba 6 tips jitu ini untuk mengatasi rasa marah. Apa saja?

Baca Juga: Agar Makin Hot di Ranjang, Coba Ikuti Ritual Ini untuk Sebelum dan Sesudah Berhubungan Intim, Salah Satunya Mandi Bareng Pasangan!

  1. Atur napas

Saat emosi sedang terbakar dan ubun-ubun terasa panas karena menahan marah, kita tidak dapat berpikir bijak dan jernih.

Menarik napas panjang dan dengan cara benar pada saat ini akan sulit. Meski begitu, kita masih tetap dapat menggunakan napas sebagai teknik menenangkan diri.

Seperti kata ahli, jika masih ada satu akal sehat dalam pikiran, biarkan hal itu berjalan. Yaitu, konsentrasikan diri pada pernapasan.

Cukup konsentrasikan sejenak pikiran dan atur napas sehingga menjadi lebih lambat dari yang sebelumnya saat emosi sedang mencapai puncaknya.

Nah, di saat inilah kita sesaat bisa melupakan kemarahan dan cara napas pun jadi perlahan. Otomatis pula, tingkat kemarahan akan berkurang 1-2 derajat.

Baca Juga: Selama Ini Sering Dilakukan, Ternyata 4 Kebiasaan Membersihkan Makeup Ini Justru Bisa Buat Kulit Kendur, Apa Saja?