Quick Serve Retail dan Higienitas Jadi Kunci Bertahannya Pick Cup di Tengah Pandemi

By Tentry Yudvi Dian Utami, Jumat, 17 Juli 2020 | 14:32 WIB
Quick Serve Retail dan Higienitas Jadi Kunci Bertahannya Pick Cup di Tengah Pandemi (PICK CUP)

NOVA.id – Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi usaha di Indonesia.

Penurunan ekonomi pun membuat banyak pengusaha jadi lebih memilih untuk pengurangan karyawan.

Banyak perusahaan kecil maupun besar terpaksa harus mengibarkan bendera putih tanda menyerah.

Oleh karena itu, agar tetap bertahan, sejumlah perusahaan bisnis waralaba di bidang F&B (Food & Beverage) mulai menjalankan strategi bisnis yang tidak biasa.

Baca Juga: Kimia Farma Sumbang 20 Sleeping Pods Senilai Rp1 M untuk RSCM

Semua dilakukan semata-mata demi berlangsungnya bisnis yang berkelanjutan.

Unik nya, meski banyak pebisnis yang goyang dan roboh, beberapa usaha yang dilakukan pengusaha muda justru dapat bertahan dan bahkan tumbuh.

Salah satunya diperlihatkan pebisnis F&B yang dikelola PT. Solomon Utama melalui brand Pick Cup @pickcupindonesia. 

“Kita tidak boleh hanya sekedar berharap bahwa semua akan kembali normal seperti pre-Covid.  Kita harus bisa fleksibel dan beradaptasi untuk market New Normal,” beber Kama Sulaiman, CEO & Owner PT. Solomon Utama.

Baca Juga: Tips Bekerja dan Temani Anak Belajar dari Rumah Lebih Efektif

Kama menjelaskan bahwa dalam waktu PSBB dan WFH, konsep Quick Serve Retail (QSR) adalah suatu konsep bisnis yang dapat berkembang karena dianggap sebagai bisnis esensial di Indonesia dan diperbolehkan beroperasi selama PSBB dengan memenuhi syarat higenis dan social distancing yang ditentukan oleh pemerintah RI.

“QSR adalah masa depan F&B, konsep yang man-power rendah, biaya operasional rendah dan berpeluang tinggi,” ujar pria berusia 48 tahun ini.

Di tengah PSBB , Pick Cup juga berhasil meluncurkan  kolaborasi resmi dengan Ovomaltine Indonesia yang  merupakan merek Global yang berasal dari Switzerland.

Baca Juga: Uniqlo Gandeng Daniel Mananta Jadi Brand Ambassador Pertama di Indonesia

Di Indonesia, brand Pick Cup menjadi satu-satunya merek dagang minuman lokal yang mendapat dukungan dari Ovomaltine yang tidak mudah dalam memberikan lisensi bagi mitra lokalnya.

 “Kami brand minuman lokal Indonesia pertama yang mendapat dukungan dan Kolaborasi Resmi dari Ovomaltine,” bangga Kama Sulaiman.

Ketegaran bisnis Pick Cup yang digagas sejak September 2019 ini tak hanya dukungan brand Ovomaltine saja.

Baca Juga: Nikmati Menu Baru Escape Now Coffee Ini dan Ikuti Kompetisinya, yuk!

 

Peran tangan dingin Richard Suma Kusnadi sebagai  R&D Director PT. Solomon Utama.

 di belakang menu Pick Cup juga besar.

Peran Richard di bidang pengembangan menu di Pick Cup membuat Pick Cup terkenal sebagai Brand yang sangat inovatif.

“Kami tidak ingin terjebak dengan sekedar mengikuti trend yang yang sedang berlangsung sehingga kami harus selalu berinovasi untuk menjadi trend maker serta menggunakan produk dengan kearifan lokal,” ujarnya.

Baca Juga: Uni Sadhu Guna Hadirkan Program Kuliah di Amerika untuk Siswa Indonesia

Rahasia sukses lain bisnis Pick Cup di musim Pandemi Covid-19 ini adalah soal konsistensinya dalam menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan bagi pelanggannya.

Misalnya untuk kemasan minuman Pick Cup, selalu menggunakan kemasan yang aman dan higienis.

 “Kami jamin tetap higienis dengan rasa tetap segar,” jamin Kama Sulaiman.

 Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)