Ramai Challenge Accepted di Instagram, Ada Apa di Balik Selfie Hitam Putih?

By Tentry Yudvi Dian Utami, Senin, 10 Agustus 2020 | 23:02 WIB
Ramai Challenge Accepted di Instagram, Ada Apa di Balik Selfie Hitam Putih? (INSTAGRAM@CINTALAURAKHEIL)

NOVA.id - Ada apa dengan foto hitam putih? Kalau jeli, belakangan ini di linimasa Instagram cukup ramai pengguna mengunggah fowo selfie hitam putih, seperti Jennifer Aniston, Paris Hilton, bahkan selebritas lokal kayak Wulan Guritno, Dian Sastrowardoyo, hingga Jessica Iskandar.

Aksi yang cukup populer dinamakan Challenge Accepted alias tantangan diterima.

Para selebritas memosting foto selfie hitam putih mereka, disertai caption dengan tagar #ChallengeAccepted dan tagar#WomanSupportingWoman (perempuan mendukung perempuan), serta menuliskan akun sahabat (mention) untuk mengikuti tantangan serupa. Tercatat, sudah lebih dari 6,4 juta unggahan di Instagram yang melakukan Challenge Accepted.

Baca Juga: Makin Produktif dengan Samsung DeX Wireless di Galaxy Note20 Series

Lantas, dari mana asal mula tantangan ini?

Setelah ditelusuri, Challenge Accepted bermula saat seorang jurnalis asal Brazil bernama Ana Paulo Padrao, menguggah foto selfie hitam putih untuk meningkatkan kesadaran terhadap korban femicide (aksi kebencian terhadap perempuan) di Turki.

Seperti dikutip dari media asal Jerman, DW, femicide muncul lantaran masih adanya pemikiran konservatif sebagian masyarakat Turki terhadap perempuan, hingga terkesan muncul ketidakadilan.

Faktanya perempuan di Turki sering jadi korban kekerasan dan pembunuhan dari pasangan laki-laki mereka, terutama saat pandemi virus Corona, ketika pergerakan di luar rumah terbatas.

Menurut website We Will Stop Femicide, sebanyak 49 perempuan dibunuh oleh laki-laki di Turki pada Juli 2020 lalu. Dari semua kasus sejenis, seringkali pelakunya bisa bebas begitu saja.

Baca Juga: Konsisten Hadirkan Varian Baru Setiap Tahunnya, Ini Dia Perjalanan Samsung Galaxy Note Series dari Masa ke Masa!