Rayakan Hari Jadi ke-11 dan Hari Kemerdekaan RI, Tokopedia Hadirkan Tokopedia Play Virtual

By Tentry Yudvi Dian Utami, Sabtu, 15 Agustus 2020 | 08:00 WIB
Rayakan Hari Jadi ke-11 dan Hari Kemerdekaan RI, Tokopedia Hadirkan Tokopedia Play Virtual (IMAGE DYNAMICS)

NOVA.id – Tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Walaupun kita tetap harus berada di rumah, tapi kita bisa meramaikan hari Merdeka dengan mengikuti sejumlah kegiatan online menarik.

Salah satunya Tokopedia Play yang akan diadakan pada 17 Agustus.

Tokopedia Play juga merupakan perayaan hari jadi ke-11 Tokopedia, yang jatuh di tanggal yang sama dengan Kemerdekaan RI.

Baca Juga: KG Media dan Google Siap Menggelar Indonesia Otomotif Online Festival 2020, Catat Tanggalnya!

Founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, “Walau peringatan kemerdekaan Indonesia sekaligus ulang tahun Tokopedia tahun ini berada di situasi yang penuh tantangan, kami berharap dengan adanya acara ini, masyarakat selalu punya asa untuk merayakan semangat baru demi terus beradaptasi dengan kebiasaan yang juga baru,” katanya. 

Perayaan HUT ke-11 Tokopedia melalui Tokopedia Play Fest akan terdiri dari sejumlah talkshow bersama para pembicara inspiratif dari berbagai latar belakang.

Mulai dari pakar teknologi Tokopedia, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, sederet pegiat usaha lokal dan lainnya.

Baca Juga: Obati Kerinduan Penggemar Musik Sekaligus Berbagi Kebaikan, First Festival Live Digelar

Salah satu pegiat usaha yang akan menjadi pembicara di Tokopedia Play Fest adalah Dewanti Amalia Artasari, pemilik Dewa Collection Bali.

“Amalia adalah contoh pegiat usaha yang gigih memperjuangkan kemerdekaan bagi keluarga dan lingkungan sekitar walau di tengah pandemi. Cerita inspiratifnya kami harap bisa mendorong masyarakat agar lebih bangga buatan Indonesia,” jelas William.

Dewanti Amalia Artasari: Merdeka Rebahan Omzet Jutaan, Berdayakan Puluhan Pengrajin

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-23, Super Indo Luncurkan Aplikasi Membership

“Saya pemalas yang ingin sukses,” ungkap perempuan berusia 28 tahun yang biasa disapa Amalia.

Ia memulai bisnis kerajinan benang untuk dekorasi rumah sejak tiga tahun silam.

“Saya hanya suka rebahan dan main handphone, maka saya akhirnya memutuskan memulai bisnis via online,” kata Amalia.

Baca Juga: Jelang Hari Kemerdekaan, ONDA Bangun Semangat Perjuangan Rakyat

Amalia awalnya sama sekali tidak punya keterampilan membuat anyaman benang ‘makrame’. Ia kemudian mempelajarinya secara mandiri dari kanal video streaming.

Setelah memantapkan diri, Amalia bersama suami memutuskan keluar dari pekerjaan sebelumnya untuk fokus membangun bisnis ini.

Awal tahun 2020, Amalia membuka toko offline-nya, namun harus tutup karena pandemi.

Baca Juga: Dukung Masyarakat Terdampak Pandemi, Mondelez Indonesia Salurkan Bantuan

“Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, platform digital Tokopedia lah yang sangat membantu pegiat usaha lokal seperti kami dalam mempertahankan bisnis,” jelasnya.

Amalia bahkan mengatakan harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari 5x lipat.

Amalia kini mempekerjakan lebih dari 30 pengrajin benang dan terus berharap bisa membuka lapangan pekerjaan untuk lebih banyak masyarakat.

Baca Juga: Dukung Masyarakat Terdampak Pandemi, Mondelez Indonesia Salurkan Bantuan

 

Selain Amalia, akan hadir salah satu pemimpin Tokopedia, Jessica Stephanie Jap.

Jessica adalah Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) di balik pertumbuhan Tokopedia Official Store. Ia menggagas berbagai kampanye yang membantu penjual, salah satunya di sektor FMCG, beradaptasi di tengah pandemi.

Jessica sekarang memimpin lebih dari 90 Nakama.

 Baca Juga: YCAB Foundation dan HSBC Indonesia Hadirkan Program Resiliency for Women & Farmer

Sebagai seorang ibu yang juga bekerja sebagai AVP of Business Tokopedia, membagi waktu selalu menjadi tantangan tersendiri, namun hal ini tidak menghalangi Jessica dalam berkarya dan memberikan dampak bagi Indonesia melalui Tokopedia.

Saat pandemi, Jessica dan tim membuat sejumlah kampanye yang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat, antara lain Tokopedia Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah.

Masing-masing untuk memberikan panggung kepada penjual di kategori Kesehatan dan Rumah Tangga.

Rayakan Hari Jadi ke-11 dan Hari Kemerdekaan RI, Tokopedia Hadirkan Tokopedia Play Virtual (IMAGE DYNAMICS)

Baca Juga: Dukung Masyarakat Terdampak Pandemi, Mondelez Indonesia Salurkan Bantuan

Ada juga Tokopedia Nyam! dan Pasar Sabtu Minggu untuk mendorong pegiat usaha di sektor Makanan dan Minuman.

“Kami pun berkolaborasi dengan pemerintah dan lebih dari seribu pegiat usaha kopi, untuk lebih mengangkat industri kopi nusantara lewat #SatuDalamKopi,” jelas Jessica.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)