Bangga Buatan Indonesia, Kemenperin Sasar Industri Kecil dan Menengah

By Dionysia Mayang Rintani, Selasa, 15 September 2020 | 19:03 WIB
Bangga Buatan Indonesia, Kemenperin Sasar Industri Kecil dan Menengah ()

NOVA.id – Melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA), Kementerian Perindustrian terus berupaya mensosialisasikan produk lokal.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga membuka membuka akses masyarakat untuk lebih mudah belanja produk lokal, utamanya produk Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Untuk itu, Ditjen IKMA menyelenggarakan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia (BMBIfest).

Festival ini merupakan kegiatan pameran virtual pertama yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, sebagai tindak lanjut dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia (Gernas BBI).

Baca Juga: Kenalkan Kemasan Jumbo, Chiki Balls Ajak Anak Bermain Bersama

Tak hanya itu, festival ini sekaligus menjadi upaya untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19 terhadap IKM dan mengutamakan belanja produk IKM.

“Acara ini diselenggarakan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri menemukan pelaku IKM pembuat peralatan/permesinan lokal, sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia,” jelas Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia di Jakarta, (15/09).

Menperin menjelaskan, dalam acara festival ini juga diluncurkan virtual hub produk IKM permesinan di Blibli dengan nama official store Galeri Mesin Lokal.

Official store ini menampung IKM permesinan dengan 7 (tujuh) kategori produk, yaitu mesin pengolahan makanan dan minuman; mesin industri lainnya; mesin/alat kesehatan; elektronik/kelistrikan; alat/mesinteknologi tinggi; alat/mesin pertanian dan perikanan; dan alat transportasi.

Baca Juga: Mari Rayakan World Clean Up Day dengan Aplikasi Inovatif Ini