NOVA.id – Adanya wabah Covid-19 juga memberikan dampak sangat besar untuk pertumbuhan UMKM kuliner.
Dampaknya berupa penurunan pembelian secara drastis hingga terpaksa tutup total, hal ini akibat dari turunnya daya beli masyarakat karena maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pemotongan gaji karyawan, serta penerapan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah.
Pandemi ini juga merubah perilaku belanja masyarakat menjadi semakin banyak memanfaatkan layanan daring untuk memenuhi kebutuhan dan mengurangi kontak secara fisik secara langsung, hal ini terbukti dari hasil riset kantar pada februari 2020 yang menunjukan peningkatan aktivitas belanja daring sebesar 32 persen.
Baca Juga: Menyoal Harga Vaksin Covid-19 di Indonesia, Bio Farma Tetapkan di Kisaran Rp200 Ribu
Oleh karena itu, pelaku UMKM harus merespon dampak perubahan tersebut dengan tepat agar usahanya dapat bertahan hingga pandemic.
Melihat hal ini, Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI) bekerja sama dengan Shopee, mengadakan acara Rasantara (diambil dari gabungan kata Rasa dan Nusantara) ini, merupakan event Festival Belanja Online yang akan digelar mulai tanggal 19 Oktober sampai dengan 9 November 2020.
Tercatat sebanyak 100 UMKM sub sektor makanan dan minuman kemasan ikut ambil bagian dalam acara ini.
Baca Juga: Peringatan No Bra Day, Ajak Perempuan Lebih Waspada soal Kanker Payudara