Mau Pensiun di Usia Muda? Lakukan 6 Tips Pintar Atur Uang Ini

By Presi,None, Senin, 19 Oktober 2020 | 00:00 WIB
(ilustrasi) Mau Pensiun di Usia Muda? Lakukan 6 Tips Pintar Atur Uang Ini (iStockphoto)

NOVA.id - Pensiun muda memang menyenangkan karena hanya duduk manis, uang bisa mengalirke kantong.

Namun, itu semua bisa terwujud jika kita sudah mempersiapkan sejumlah hal.

Jangan sampai memutuskan berhenti kerja total, tapi hidup belum mapan. Keuangan masih morat marit. Utang menumpuk.

Oleh karena itu, sebelum mengambil keputusan pensiun di usia muda, lakukan 6 tips pintar atur uang ini agar bisa hidup enak dan sejahtera, seperti dikutip Kompas.com dari Cermati.com.

Baca Juga: 5 Tips Pintar Atur Uang agar Tetap Aman Setelah Pensiun Dini

1. Alokasikan gaji secara ketat

Jika berniat pensiun muda, sejak dini, mulailah mengelola gaji dengan cermat. Jangan hanya memikirkan nafsu belanja, hura-hura yang akan menghabiskan uangmu tanpa tersisa.  Ubah gaya hidup, kelola gaji secara ketat. Catat pemasukan dan pengeluaran setiap bulan dengan rinci. Utamakan kebutuhan dibanding keinginan.

Gunakan rumus mengatur keuangan 10-20-30-40. Sebesar 40 persen dari gaji, gunakan untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari, seperti biaya makan, biaya transportasi, membayar sewa rumah jika mengontrak atau kos, tagihan listrik dan air. Sisihkan 30 persen dari gaji untuk membayar cicilan utang. Untuk tabungan, dana darurat, investasi, atau yang dipakai untuk masa depan keuanganmu, alokasikan sebesar 20 persen dari gaji.

Sedangkan sisanya 10 persen dapat digunakan untuk beramal. Dengan membuat catatan pengeluaran, dapat menghindari kamu dari belanja tak terencana. Supaya tidak overbudget. Belanja jadi terkontrol. Lakukan hal ini dengan tertib demi mewujudkan pensiun di usia muda.

Baca Juga: Pintar Atur Uang, Ini 5 Tips Hemat Membangun Rumah dari Nol