NOVA.id - Bantuan token listrik gratis selama pandemi Covid-19 oleh pemerintah kembali berlanjut di bulan November ini.
PLN telah mengeluarkan token listrik gratis November sejak tanggal 1 November kemarin.
Untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.
Baca Juga: Muncul Chat WA Pemilik SIM C Dapat Bantuan Rp900, Kominfo: Informasi Itu Hoaks
Perlu diketahui bahwa listrik gratis ini sendiri diberikan kepada pelanggan dengan kategori subsidi sebagai penerima program stimulus Covid-19 yakni pemilik kWh 450 VA dan 900 VA.
Untuk melakukan klaim, cara terbaik dan mudah bisa lewat memasukkan ID Pelanggan ke website PLN atau Chat nomor PLN di 08122123123.
Waktu klaim bisa dilakukan mulai tiap tanggal 1 hingga 31 di akhir bulan.
Melansir Tribun Pontianak, langkah untuk mengklaim bantuan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Website PLN
- Buka laman www.pln.co.id / http://stimulus.pln.co.id
- Masuk ke menu 'Pelanggan' dan pilih 'Stimulus Covid-19'
- Masukkan ID pelanggan/nomor meteran di kolom yang tersedia.
- Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar.
- Token listrik gratis tersebut bisa langsung digunakan.
- Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi.
Di setiap bulannya, warga harus selalu login kembali atau mengulang kembali dengan cara yang sama untuk mendapatkan listrik gratis dan token diskon 50 persen.
Baca Juga: Selain Subsidi Gaji dan Kartu Prakerja, Pemerintah Luncurkan Program Bantuan JPS
2. Aplikasi Chat WA PLN 08122123123
- Ketik pesan di nomor WhatsApp PLN: 08122123123.
- Kemudian, akan muncul balasan otomatis dari PLN yang berbunyi seperti berikut ini.
"Halo Electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Basis Data Terpadu TNP2K).
Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/ Diskon Stimulus Covid19.
Bagikan info ini ke teman dan keluargamu.
https://wa.me/628122123123
Mari saling melindungi dari virus corona dengan tetap melakukan anjuran physical distancing
Hotline PLN (Kode Area) 123"
- Lanjutkan mengetik kode 1.
- Kemudian, PLN akan memintamu untuk menuliskan ID pelanggan atau nomor kWh meteran.
- Jika ID meteran memenuhi syarat, maka akan mendapatkan token listrik dan bisa langsung digunakan.
- Namun, jika ID meteran listrikmu tidak memenuhi syarat maka akan mendapatkan balasan seperti berikut ini:
"Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepada pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)."
Baca Juga: Bantuan UMKM dari Facebook Indonesia Kembali Dibuka, Cek Syaratnya!
3. Masukkan Kode Token Listrik Gratis
- Masukkan Kode Token 16 Digit yang didapat ke kWH (jangan sampai salah)
- Setelah dimasukkan semua pencet Tombol Merah atau enter
- Nilai token akan muncil pada layar kWH
4. Kode subsidi dan non-subsidi:
RI/900 VA Subsidi
- Cek struk pembayaran sebelumnya.
- Lihat pada kolom Tarif/Daya.
- Jika tertera kode R1, maka berhak mendapatkan keringanan.
RIM/900 VA, Non Subsidi
- Cek struk pembayaran sebelumnya.
- Lihat pada kolom Tarif/Daya.
- Jika tertera kode R1M, maka tidak mendapatkan keringanan.
Baca Juga: Segera Cek! Pemerintah Masih akan Memberi 5 Bantuan Ini kepada Masyakarat di Oktober 2020
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)