TikTok Dukung Inovasi Musik Indonesia, Dipha Barus: Jadi Jembatan Bagi Kami Para Musisi

By Widyastuti, Rabu, 4 November 2020 | 14:38 WIB
(Dok TikTok)

NOVA.id - TikTok yang merupakan platform distribusi video singkat terdepan di dunia, mengadakan diskusi bertajuk “Inovasi di Industri Musik #SamaSamadariTikTok”.

Diskusi ini dilakukan bersama beberapa pemain di industri musik Indonesia untuk membahas potensi berinovasi di aplikasi tersebut.

Diskusi yang dihadiri oleh Dipha Barus selaku DJ/Producer dan Erik Purwanto dari Sony Music Indonesia, melihat bagaimana TikTok dapat membantu mengembangkan dunia musik, termasuk di Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh YPulse terhadap Gen Z dan millennials dari berbagai negara, terlihat bahwa lebih dari 50% responden mengetahui soal lagu baru atau yang baru mereka dengar melalui platform digital.

Baca Juga: Bongkar Kisah Masa Lalunya dengan Tora Sudiro, Mieke Amalia: Kumpul Kebonya Aja Berapa Lama

TikTok menyaksikan hal ini dengan berbagai pencapaian yang dialami oleh para musisi di mancanegara, seperti Lil Nas X yang merajai tangga lagu setelah meluncurkan lagu “Old Town Road” di TikTok, atau lagu “I'm Just a Kid” dari Simple Plan yang mendapatkan sertifikat platinum setelah 20 tahun diluncurkan, berkat tantangan yang viral dengan lagu ini di TikTok.

“Teknologi yang dimiliki TikTok bisa memberikan audiens kepada semua pengguna, tidak terkecuali para musisi baik yang baru muncul ataupun yang sudah lama berkarir,” kata Erik Purwanto, Digital Marketing Domestic Manager, Sony Music Entertainment Indonesia.

“Seperti yang dialami oleh penyanyi di bawah label kami, Terry Shahab, saat lagunya yang diluncurkan beberapa tahun lalu menjadi terkenal lagi setelah digunakan menjadi latar belakang berbagai video viral di TikTok. Hal ini tentunya menjadi suatu kesempatan baru bagi para musisi dan label untuk memperkenalkan kembali lagu-lagu yang sebelumnya tidak dikenal oleh Gen Z yang mendominasi di TikTok.” tambahnya.

Baca Juga: Kaya Raya dan Tak Perhitungan, Raffi Ahmad Janji Biayai Kuliah Tukang Bakso yang Wajahnya Mirip Dirinya Sampai Lulus