NOVA.id - Memasuki masa new normal, masyarakat dapat kembali beraktivitas di luar rumah dengan berbagai protokol kebersihan.
Untuk yang masih bekerja dari rumah (work from home) tentunya perlu melakukan berbagai penyesuaian dalam penataan ruang.
Sementara itu, perusahaan juga perlu meng-upgrade kantor atau bisnisnya untuk memfasilitasi perbuatan tersebut.
Baca Juga: Nikmati Segarnya Watermelon Float, Bisa Tambah Semangat WFH
Hal ini ini memunculkan tren baru workplace di mana kebersihan, kesehatan dan keamanan menjadi prioritas.
Dekoruma, perusahaan teknologi home, living dan interior di Indonesia turut mengamati perubahan yang terjadi akibat Covid-19 dan transisi PSBB ke new normal.
Hal ini terutama terjadi pada perilaku konsumen serta kebutuhan isi rumah yang mengalami lonjakan permintaan.
“Sejak pemerintah mengimbau agar masyarakat beraktivitas di rumah, kami melihat kepercayaan customer untuk berbelanja online semakin meningkat.
Tercatat kenaikan penjualan online retail kami mencapai 2x lipat. Salah satu kategori yang mendominasi adalah produk home office seperti meja kerja, kursi kantor dan rak penyimpanan yang meningkat drastis hingga 198%” jelas Dimas Harry Priawan, Co-Founder dan CEO Dekoruma.
Baca Juga: Resep Choco Caramel Baby Puding, Camilan Nikmat Pelepas Penat Selama WFH
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat workplace di rumah agar tetap nyaman dan tentunya sesuai kebutuhan.
Hal tersebut meliputi: penentuan tempat area kerja, pemilihan furnitur, penempatan area penyimpanan, dan penambahan dekorasi untuk mendukung produktivitas.
Untuk menentukan workplace di rumah, pastikan bahwa area kerja tersebut berada di tempat yang minim distraksi dengan pencahayaan yang cukup.
Baca Juga: Allianz Indonesia Bagikan Tips Jitu Lancar WFH Sembari Temani Anak SFH
Jika tidak tersedia space yang luas, kamu bisa memanfaatkan sudut ruang atau corner sebagai area kerja.
Kemudian, pilih furniture ergonomis yang space-saving dan multifungsi untuk memaksimalkan ruang.
Penempatan area penyimpanan juga penting untuk menjaga kerapian & kebersihan area kerja.
Penyimpanan vertikal direkomendasikan menjadi opsi yang tepat untuk workplace di hunian mungil.
Selain membuat workplace terlihat lebih estetik, ketika memilih dekorasi yang tepat maka akan menunjang produktivitas di area kerja.
Baca Juga: Enzy Storia Rutin Buat Jadwal Kegiatan Selama WFH: Jadi Enggak Kerasa
Penggunaan lampu meja akan membuat semakin fokus karena sorot lampu diarahkan pada satu titik.
Berikutnya gunakan dekorasi yang fungsional untuk penataan barang seperti folder untuk menyimpan dokumen, kotak penyimpanan untuk menyimpan alat tulis, dan sebagainya.
Terakhir, kamu juga bisa meletakkan tanaman hias sebagai aksen untuk menyegarkan ruang.
Kehadiran tanaman akan membuat kamu merasa lebih relax dan mengurangi rasa stres. (*)