Awas Jangan Menaruh Masker di Sembarang Tempat! Ini Cara yang Tepat

By Nana Triana, Rabu, 18 November 2020 | 14:09 WIB
Ilustrasi menggantung masker (Dok. Shutterstock)

 

NOVA.id - Di era pandemi seperti sekarang ini, masker menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang khususnya saat beraktivitas di luar rumah. Hal tersebut mendorong kamu, untuk memiliki lebih dari satu masker.

Meskipun kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker semakin meningkat, namun ternyata sebagian orang cuek dan seakan tak peduli saat menyimpan cadangan masker baik di tas, mobil, saku celana, atau tempat-tempat lainnya tanpa memerhatikan kebersihan tempat tersebut.

Padahal masker yang disimpan secara sembarangan bisa saja menyebarkan partikel virus atau bakteri masuk ke tubuh karena terhirup melalui hidung.

"Misalnya, jangan menyimpannya di dalam atau secara sembarangan di dalam mobil karena dapat menyebabkan kontaminasi silang," tulis dokter pengobatan keluarga dan direktur medis Doctor On Demand, Kristin Dean, MD dalam artikelnya di Pop Sugar. 

Baca Juga: Kabar Baik, Uji Coba Vaksin Virus Corona oleh Pfizer Diklaim 90 Persen Efektif

Tempat menyimpan yang tepat

Jika Sahabat NOVA ingin menyimpan masker di tempat-tempat seperti dompet atau mobil, memasukkan masker terlebih dahulu ke dalam kantong kertas menjadi opsi paling aman.

Selanjutnya, carilah tempat yang sejuk, kering, dan teraliri udara, serta hindari masker berkontak langsung dengan permukaan lain misalnya permukaan tas dan lain sebagainya. Kantong udara yang teraliri udara juga membantu mencegah tumbuhnya jamur pada masker.

Jika ingin masker lebih mudah diakses di rumah, pertimbangkan untuk memasang pengait pengait dinding di sebelah pintu depan.

"Banyak orang merasa menggantung masker pada pengait adalah cara terbaik untuk menghindari masker menyentuh permukaan lain," kata Dokter keluarga dan Direktur Medis Regional Barat di One Medical, Natasha Bhuyan, MD.

Baca Juga: Overthinking Selama Pandemi Covid-19? Begini Cara Mengatasinya

Selain itu, kamu juga cenderung tidak akan lupa membawa masker jika harus keluar.