5 Upaya Google untuk Pemulihan Ekonomi Nasional yang Terdampak Pandemi

By Dionysia Mayang Rintani, Rabu, 18 November 2020 | 17:16 WIB
Google dukung pemulihan ekonomi Indonesia (Google )

NOVA.id – Banyak hal yang terdampak secara langsung oleh pandemi covid-19 yang hingga kini masih berlangsung, salah satunya adalah sektor ekonomi.

Kita diharapkan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan #IngatPesanIbu dan melakukan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Sementara, sebagai usaha untuk dukung pemulihan ekonomi nasional, lewat Google for Indonesia kelima, Google mengumumkan komitmen senilai US$11 juta.

Baca Juga: Covid-19 Lumpuhkan Roda Perekonomian, ILO Ungkap Data Terbaru: Tingkat Pengangguran Muda Lebih Tinggi dari Tahun Sebelumnya

Pinjaman modal sebesar US$10 juta akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan Kiva untuk menyediakan pinjaman bagi UMKM di seluruh daerah.

Sementara itu, hibah US$1 juta akan diberikan lewat Google.org kepada Plan International untuk melawan pengangguran anak muda di Indonesia.

“Kita butuh lebih banyak pelatihan-pelatihan untuk mengasah kemampuan SDM IT sehingga mampu memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital nasional hingga tahun 2035,” jelas Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Perokok Disebut Berisiko Tinggi Paparan Covid-19, Begini Penjelasannya