NOVA.id - Pandemi covid-19 ini mengubah cara kita dalam berbelanja. Jika biasanya kita berbelanja secara langsung ke pasar tradisional atau ke pusat pembelanjaan, kini kita terbiasa dengan berbelanja online.
Melihat perubahan kebiasaan masyarakat ini, tentu menjadi peluang bagi kita untuk melakukan bisnis online.
Tentu dalam menjalani bisnis online, kita harus bisa pintar atur uang agar usaha kita bisa berkembang di masa pandemi ini.
Dikutip dari Kompas.com, Merchant Education Senior Lead Tokopedia Pipit Indrawati mengatakan pengusaha yang sudah memiliki usaha di platform online harus bisa memanfaatkan situasi seperti ini. Untuk itu, dia membagikan 4 tips.
Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Pemilik Bisnis dan UMKM Harus Mulai Memanfaatkan Layanan Online
1. Tentukan produk yang akan dijual
Pertama-tama kita harus tahu produk apa saja yang akan kita jual secara online.
Produk tersebut bisa berupa kerajinan tangan atau bahkan menjadi reseller (menjual produk oranglain).
Menurut Pipit, ada beberapa bisnis yang kini tengah berkembang yang bisa kita tiru, seperti menjual masker kain, hand sanitizer, disinfektan, dan sebagainya.
Baca Juga: Pentingnya 3 Teknologi Ini untuk Rintis Bisnis Online Shop UMKM
2. Manfaatkan marketplace
Pipit mengatakan, marketplace bisa membantu kita memperluas pasar.
Pasalnya, hampir semua marketplace memiliki jumlah pengguna bulanan yang banyak.
3. Branding
Menurut Pipit, branding sangat bermanfaat bagi kesuksesan bisnis karena bisa bertindak sebagai penentu identitas suatu produk.
Oleh sebab itu, dia menyarankan, agar bisnis dapat bersaing dengan bisnis yang lainnya, para pebisnis harus menggunakan dan mengelola strategi branding yang tepat.
Baca Juga: Pebisnis Maya Miranda Ungkap 5 Kunci Rahasia Jadi Pengusaha Sukses
4. Pemasaran dan pelayanan yang baik
Dia menyebut bahwa kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah dengan memberikan pelayanan terbaik, sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Pipit mengingatkan agar kita selalu menggunakan kalimat yang rama dan sopan saat berkomunikasi dengan pelanggan.
Selain itu, penting pula untuk membalas dengan cepat pesan yang dikirimkan konsumen.
Baca Juga: Trend Penjualannya Sedang Naik, Yuk Lihat Prospek Jual Sayur di Masa Pandemi
"Ketika Anda belum membalas pesan lebih dari 1 jam bisa dipastikan konsumen Anda sudah berahli ke toko lain, oleh sebab itu usahakan cepat dan sopan ketika melayani mereka," jelas dia.
Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.
Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)