Bukan Vaksin, Ini yang Menjadi Kunci Utama Kesembuhan Pasien Covid-19

By Alsabrina, Senin, 23 November 2020 | 00:00 WIB
(Ilustrasi) Covid-19 (iStockphoto)

NOVA.id - Indonesia masih dihantui dengan pandemi Covid-19. Kasus positif aktif masih terus terjadi, walau begitu kasus kesembuhan pun meningkat.

Namun, akan lebih baik jika kita tidak tertular Covid-19. Menerapkan protokol kesehatan masih menjadi senjata utama untuk menurunkan penyebaran virus corona.

Lakukan 3M dan #ingatpesanibu untuk memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Dampak Kerumunan, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat di Tebet, Petamburan dan Megamendung Lakukan Tes PCR

Satu hal yang menjadi kunci dalam memudahkan pasien menjalani pemulihan dan sembuh adalah mengetahui dengan cepat penularan Covid-19 di sekitar lingkungannya.

Namun sebaliknya, bila terlambat, risiko tingkat kematian akan semakin tinggi, apalagi bila pasien juga memiliki penyakit bawaan.

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Penanganan Covid-19 dari Rumah Sakit Persahabatan Jakarta, ditemukan pasien dengan kategori ringan memiliki risiko kematian nol persen, pasien dengan kategori sedang mencapai 2,6%, pasien kategori berat 5,5% dan pasien kategori kritis memiliki risiko kematian 67,4%.

Baca Juga: Asmirandah Berbagi Cerita Mengenai Tips Kehamilan Sehat di Masa Pandemi Covid-19