Pintar Atur Uang untuk Pengusaha, Ini 5 Tips agar Pembeli Bisa Jadi Pelanggan Tetap

By Presi, Senin, 23 November 2020 | 16:03 WIB
Pintar Atur Uang, Ini 5 Tips agar Pembeli Bisa Jadi Pelanggan Tetap (Rawpixel)

NOVA.id - Setiap orang yang berwirausaha pasti menginginkan pembeli yang banyak.

Ya, keberhasilan suatu bisnis memang tergantung dari pelanggan.

Lalu, bagaimana caranya agar pembeli bisa menjadi pelanggan setia yang selalu membeli produk di toko online kita?

Dilansir dari Kompas.com, Pipit Indrawati selaku Merchant Education Senior Lead Tokopedia menyebut ada 5 cara pintar atur uang yang bisa kita lakukan agar pembeli menjadi pelanggan tetap. 

Baca Juga: Lakukan 5 Tips Pintar Atur Uang Ini Agar Bisnis Online Berkembang Saat Pandemi

1. Cepat membalas pesan

Pipit mengatakan jika kita lama membalas pesan, maka pembeli akan beralih ke toko lain.

Menurut Pipit, waktu paling lama membalas pesan pembeli adalah satu jam.

Jika lebih dari waktu tersebut kita tak membalas pesan, pembeli pun akan merasa kecewa dan memilih untuk berpindah ke toko yang lain.

Baca Juga: Makin Pintar Atur Uang dan Cerdik Berinvestasi dengan Literasi Digital

2. Cepat melakukan proses pesanan

Semakin cepat pesanan pembeli diproses, maka mereka akan semakin merasa senang.

Dengan begitu pembeli pun percaya kepada kita dan akan terus berbelanja di toko kita.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Pemilik Bisnis dan UMKM Harus Mulai Memanfaatkan Layanan Online

3. Kemasan harus menarik dan aman

Zaman sekarang pembeli sering mendokumentasikan momen unboxing atau membuka pesanan.

Oleh karena itu, pesanan harus memiliki kemasan yang lucu, menarik, dan aman.

Baca Juga: Pebisnis Maya Miranda Ungkap 5 Kunci Rahasia Jadi Pengusaha Sukses

 

 

4. Sabar menanggapi komplain

Pembeli memiliki karakter yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebagai penjual kita harus sabar dalam menanggapi semua bentuk komplain yang ada.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis Kuliner yang Bikin Kita Produktif dan Untung Besar

5. Ramah

Pipit mengatakan penting bagi kita untuk memberikan pelayanan yang baik dan ramah.

"Kadangkala, ada saja pembeli yang hanya sekadar bertanya tapi tidak membeli. Tapi di situlah kita diuji untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dengan menggunakan komunikasi yang baik," jelas Pipit.

"Momen-momen seperti itu jugalah yang kadang bisa membuat pembeli kita ingat dengan toko dan layanan kita, jadi harus dijaga sikap dan cara berkomunikasi," sambungnya.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)