Pertimbangkan 4 Hal Ini Jika Ingin Mengadopsi Hewan Peliharaan di Saat Pandemi

By Nana Triana, Senin, 30 November 2020 | 11:00 WIB
Ilustrasi British Cat dan anjing Golden Retriever. (Dok. Shutterstock)

 

NOVA.id – Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang menghabiskan waktunya untuk beraktivitas dari rumah. 

Kondisi ini membuat sebagian orang merasa jenuh dan bosan. Untuk mengatasi hal tersebut beberapa orang mengisi waktu luangnya untuk memelihara hewan peliharaan.

Tak heran jika secara global terjadi peningkatan adopsi hewan. Namun sebelum melakukannya, ketahuilah bahwa memiliki hewan peliharaan artinya memiliki satu nyawa untuk dijaga.

Dibutuhkan komitmen untuk merawat dan memberi mereka makan dan kasih sayang. Di masa pandemi, memiliki hewan peliharaan adalah ide yang menarik karena Anda hampir setiap waktu berada di rumah. Namun, ada pertimbangan yang harus Sahabat Nova pikirkan sebelum memutuskan mengadopsi hewan. 

Baca Juga: Agar Bertahan di Masa Pandemi, Ini Strategi Tepat Bisnis Kecantikan

1. Kesanggupan merawat

Kecemasan dan kekhawatiran yang ditimbulkan karena pandemi Covid-19 adalah sesuatu yang tidak dapat kita abaikan.

Setelah berada di rumah untuk waktu yang lama, banyak orang siap untuk mengalihkan perhatian dan menghilangkan stres. Rasanya tidak ada yang lebih baik daripada anak kucing atau anjing kecil yang lucu untuk kembali menghadirkan cinta ke dalam rumah.

Memiliki hewan peliharaan juga bisa mengajarkan pada anak-anak tentang tanggung jawab, dan mereka juga akan membuat si kecil terhibur.

Namun, pastikan kesanggupan Anda merawatnya karena hewan peliharaan memerlukan pakan dan perawatan khusus. Dengan begitu, Anda juga harus mengalokasikan dana khusus setiap bulannya. Jangan sampai ketika hewan sudah diadopsi, Anda malah membuatnya menderita. 

2. Waktu yang pas untuk adopsi hewan

Ini benar-benar waktu yang tepat untuk mengasuh hewan peliharaan. Mereka akan memiliki energi tak terbatas dan membuatmu ikut bergerak sambil terus waspada.