Punya Anggota Keluarga Lansia? Berikut Cara Lindungi Mereka Selama Pandemi

By Nana Triana, Jumat, 4 Desember 2020 | 15:40 WIB
Ilustrasi lansia yang sedang melakukan perawatan di rumah. (Dok. Freepik)

NOVA.id - Jumlah kasus positif Covid-19 masih bertambah setiap harinya. Sampai saat ini, lansia juga masih menjadi kelompok usia yang paling rentan terhadap virus corona, bahkan bisa berujung pada kematian.

Terlebih lagi jika, pasien memiliki riwayat kesehatan penyakit lain, seperti diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker.

Di Amerika Serikat, 80 persen kematian akibat Covid-19 didominasi oleh orang berusia 65 atau lebih. Begitu pula di Indonesia. 

Baca Juga: Catat, Durasi Maksimal Penggunaan Masker agar Tetap Efektif Tangkal Virus Corona Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi dan apakah ada cara melindungi lansia dari penularan virus corona?

Berikut tips bagi Sahabat Nova yang memiliki anggota keluarga lansia di rumah dilansir dari GridHealth.id Kamis (26/11/2020).

1. Tetap di rumah

Bagi Sahabat Nova, yang memiliki anggota keluarga berumur usia lanjut usahakan ia untuk tetap beraktivitas di dalam rumah. Langkah ini demi menghindari paparan virus saat beraktivitas di luar.

Tak hanya tinggal di rumah saja, gizi seimbang dan tidur cukup juga bisa diterapkan untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Vaksin dan Mengapa Penting di Tengah Pandemi

Namun, jika terdesak untuk keluar rumah, pastikan jangan bepergian di jam ramai atau gunakan pelindung seperti masker dan sedia hand sanitizer di kantong.

2. Kendalikan stres dan cemas berlebihan

Bagi sebagian orang, pandemi Covid-19 membuat stres dan cemas apalagi bagi lansia.