Hindari 4 Kesalahan Ini agar Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

By Nana Triana, Kamis, 3 Desember 2020 | 22:17 WIB
Ilustrasi video conference (Dok. Shutterstock)

NOVA.id - Sampai saat ini, masih banyak perusahaan yang masih memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) akibat pandemi Covid-19.

Bahkan, banyak di antaranya belum memiliki rencana kapan bekerja di kantor kembali diberlakukan. Bagi banyak karyawan, terutama yang sudah berumah tangga, situasi ini cukup menantang.

Selain harus membagi waktu dengan pekerjaan, di sisi lain ia juga harus bertanggung jawab mengurus keluarga.

Memang, dengan bekerja dari rumah waktu lebih fleksibel dan tidak perlu menempuh perjalanan yang melelahkan dari rumah ke kantor ataupun sebaliknya.

Baca Juga: Cara Pintar Atur Uang Berdasarkan Urutan Lahir, Yuk Kenali dari Sekarang!

Namun, satu hal yang jadi masalah adalah soal produktivitas. Banyak karyawan merasa bekerja dari rumah malah membuat tidak produktif.

Menurut VP of Innovation di Massive Alliance, dipimpin Tom Popomaronis seperti dilansir dari CNBC (23/3/2020), ada beberapa kesalahan yang harus Anda Hindari saat bekerja dari rumah.

1. Mengenakan baju tidur

Popomaronis yang sudah bekerja dari rumah selama 10 tahun terakhir mengungkapkan, untuk dapat bekerja dengan produktif jangan membiasakan diri bekerja dalam kondisi masih mengenakan baju tidur.

Untuk bisa lebih produktif, tetap mempersiapkan diri layaknya akan pergi bekerja di kantor. Ya, artinya meski kamu bekerja di rumah, kenakanlah busana yang sepantasnya.

Baca Juga: Pulih dari Covid-19, 4 Artis Ini Bagikan Rahasia Kesembuhannya "Meski pemikiran bekerja dengan mengenakan piyama tanpa ada penilaian buruk bisa saja terkesan keren, piyama kamu bukan busana profesional dan tidak akan mengarahkan pikiran kamu ke 'mode bekerja'," ujar Popomaronis.

Melansir dari Kompas.com, Menurut studi yang dilakukan para peneliti di Northwestern University, pegawai akan mengerjakan tugas dengan baik ketika mengenakan busana yang memiliki "makna simbolis."

Selain itu, tetap berpenampilan rapi meski kerja dari rumah juga tidak membuat Anda harus repot-repot ganti pakaian dan memperbaiki penampilan ketika harus video conference.

2. Kerja dari tempat tidur

Berbeda dengan bekerja di kantor, ketika kerja di rumah potensi gangguan itu sangat besar terjadi.  Maka dari itu, jika Sahabat NOVA memiliki ruangan yang tidak digunakan dan minim akan gangguan gunakan ruangan tersebut sebagai tempat kerja.

Baca Juga: 6 Tips Kelola Stres Ini Bisa Bikin Kita Lebih Produktif Selama WFH

Sebab menurut Popomaronis mengatakan, ada orang yang dapat produktif bekerja di tempat tidur atau sofa, tapi banyak juga yang tak bisa.

"Anda tidak perlu kamar pribadi (untuk bekerja). Ruang kerja bisa berupa area khusus di rumah Anda, jika memungkinkan lokasinya jauh dari tempat tidur dan sofa," jelas Popomaronis.

Tak ada salahnya membeli kursi kerja yang nyaman dan meja khusus yang dapat menampung alat-alat kerja Anda. Selain itu, pencahayaan pun berpengaruh. Sejumlah studi menemukan bahwa warna pencahayaan yang lebih sejuk dapat membuat seseorang lebih produktif bekerja.

Bila memungkinkan, pindahkan meja kerja agar lebih dekat ke jendela agar memperoleh lebih banyak sinar matahari. Riset menunjukkan hal ini dapat menurunkan depresi serta memperbaiki suasana hati dan energi.

Baca Juga: Memiliki Anggota Keluarga Positif Covid-19? Ini yang Perlu Dilakukan

3. Mengesampingkan kesehatan

Meskipun Sahabat NOVA tidak bekerja di kantor, ada kemungkinan kamu pun tidak bisa banyak melakukan aktivitas fisik saat di rumah.

"Seringkali saya merasa sakit punggung dan kaki saya kaku karena duduk selama lima jam tanpa menyadarinya. Saya terhanyut dalam ketenangan bekerja hingga lupa makan siang. Tidak lupa juga cemilan yang selalu ada," tutur Popomaronis.

Untuk itu, luangkan waktu untuk berolahraga. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda unduh untuk memastikan Anda tetap berolahraga dalam frekuensi yang cukup.

4. Tidak menciptakan struktur dan batasan

Ketika bekerja dari rumah, Sahabat NOVA cenderung akan mudah terdistraksi oleh urusan pribadi. Sebab, kamu lebih banyak berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di luar kehidupan profesional.

Baca Juga: Sebentar Lagi Siap, Ilmuwan Meyakini Vaksin Covid-19 Aman

"Itulah mengapa Anda membutuhkan struktur, jadwal konsisten yang selalu Anda patuhi untuk mencegah distraksi yang mengganggu alur kerja Anda. Cara termudah adalah membuat jadwal hal yang harus dilakukan," saran Popomaronis. Ia menyebut, daftar tersebut harus disusun secara spesifik, terukur, dan dapat dicapai. Daftar itu pun harus disesuaikan dengan apa yang telah selesai dikerjakan.

Menjaga struktur kerja juga berarti mengatur batasan juga. Tentu ada pengecualian, misal Anda memiliki anak yang masih kecil atau bahkan bayi. Akan tetapi, yang penting adalah jelaskan kepada pasangan, teman, atau keluarga mengenai jam kerja Sahabat NOVA.

Selama menjalani WFH, Sahabat NOVA disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan guna menghindarkan diri dari paparan virus Covid-19. Ingat selalu pesan ibu untuk mengenakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan dengan sabun.