Anak Ogah Makan Sayur dan Buah, Ini Trik untuk Membujuknya

By Content Marketing, Rabu, 2 Desember 2020 | 21:17 WIB
(Ilustrasi anak makan buah) (Erdark)

Nova.id – Ketika memiliki anak, tanggung jawab Sahabat Nova tentu ikut bertambah. Tidak hanya mendidik dan mengasuhnya dengan baik, memastikan asupan gizinya juga sesuai kebutuhan juga jadi prioritas. Apalagi di usia anak-anak, makanan bergizi dan sehat wajib dikonsumsi rutin guna menjaga tumbuh kembangnya.

Sayangnya, ada kalanya anak-anak lebih senang memakan makanan manis dan asin dibanding memakan sayuran atau buah. Misalnya saja, snack, biskuit, dan permen. 

Padahal, situasi pandemi saat ini mewajibkan semua orang untuk tetap sehat dan menjaga pola makan, agar sistem imun terjaga. Meski begitu, terdapat beberapa cara sederhana agar Sahabat Nova bisa merayu anak untuk mau makan makanan sehat. Dikutip dari Kompas.com, begini caranya. 

Menjadi contoh

Pepatah mengatakan bahwa anak adalah peniru orangtua yang ulung. Mereka akan meniru apapun yang orangtua mereka lakukan sehari-hari. Jika Sahabat Nova sering terlihat makan makanan tidak sehat, maka si kecil pun akan meniru perilaku ini.

Baca Juga: 6 Tips Liburan Road Trip Akhir Tahun agar Tetap Aman dan Nyaman

Dengan demikian, Sahabat Nova bisa menerapkan pola hidup sehat lebih dulu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga si kecil akan ikut terbiasa untuk mengikuti gaya hidup ini.

Ajak memasak bersama

Banyak anak-anak yang kerap rewel dan tidak mau memakan makanan tertentu, apalagi jika makanan tersebut langsung dihidangkan di atas piring. Wajar saja, ketidaktahuan tentang proses memasak kerap membuat mereka ragu akan cita rasa hidangan yang diberikan.

Sahabat Nova dapat mengatasi situasi ini dengan cara mengajak si kecil untuk ikut memasak atau menonton proses memasak di dapur. Mintalah mereka untuk menyajikan makanan, mengaduk masakan, atau memilih menu harian yang ingin di makan.

Melalui cara ini, si kecil jadi lebih menghargai proses memasak dan membuatnya tidak lagi memilih-milih makanan yang dihidangkan.

Baca Juga: Tak Kalah Mentereng dari Venna Melinda, Terungkap Profesi Ibu Tiri Verrell Bramasta yang Usianya 15 Tahun Lebih Muda dari Ivan Fadilla