Peduli Lingkungan dengan Pilih Kandungan dalam Skincare Kita

By Dionysia Mayang Rintani, Minggu, 6 Desember 2020 | 17:44 WIB
(ilustrasi) Memilih produk skincare yang ramah lingkungan (istock)

 

NOVA.id – Kini, produk makeup dan skincare seolah telah menjadi bagian dalam kebutuhan sehari-hari bagi kita.

Namun, dengan beragamnya pilihan produk yang ditawarkan, kita harus sadar betul terhadap produk yang dipilih, termasuk kandungan yang ada di dalamnya.

Selain memperhatikan kecocokan kandungan dengan kulit, kita juga perlu memilih produk dengan kandungan yang berbahan dasar alami dan tersertifikasi lestari, serta diproses dengan metode yang berkelanjutan.

Baca Juga: Payudara Kendur? Kencangkan dengan Lakukan 3 Olahraga Sederhana Ini

Hal tersebut menjadi penting untuk diperhatikan, mengingat pengguna produk kecantikan masih belum secara penuh menyadari bahwa pilihan produk yang mereka gunakan punya dampak dengan kondisi lingkungan sekitar.

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak potensi akan keberagaman komoditas dan sumber daya alam, memiliki peluang besar untuk menjadi pemain besar di sektor industri kecantikan dan kesehatan.

Di samping itu, di tanah air sendiri geliat praktik ramah lingkungan dan ramah sosial dalam pembudidayaan komoditas sudah semakin maju.

Baca Juga: Rekomendasi Makeup Prancis dengan Bahan yang Cocok untuk Kulit Asia

Produksi tidak hanya menitikberatkan pada kuantitas, tetapi juga kualitas dan aspek lingkungan serta sosial.

Topik terkait komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial ini akan menjadi bahan diskusi dalam C Channel Class: Be An Expert for Your Skin, yang merupakan hasil kolaborasi antara Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), Yayasan Madani Berkelanjutan, dan C Channel Indonesia.

Tujuan utama dari C Channel Class Vol. 5 adalah mengedukasi peserta terkait komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial dalam produk kecantikan, serta bagaimana penggunaan komoditas tersebut tidak lepas dari beragam aspek kehidupan lainnya.

Baca Juga: Marshwillow by Natasha Wilona Luncurkan Velvet Lip Smoothies

C Channel Class ini diharapkan dapat memancing lebih banyak diskusi mengenai komoditas ramah lingkungan dan ramah sosial, khususnya di sektor kecantikan dan Kesehatan.

Tujuannya, agar kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pengkonsumsian produk berbasis komoditas lokal ramah lingkungan ramah sosial semakin meningkat.

Dalam diskusi ini, turut hadir beberapa pembicara yang ahli di bidangnya seperti Danang Wisnu, Skincare Enthusiast; Ratna Kirana, Beauty Blogger; Ratu Ommaya, PR & Community Manager The Body Shop Indonesia; dan Devina Wijaya, Chief Marketing Officer N’ Pure  Official.

C Channel Class: Be An Expert for Your Skin (C Channel)

Baca Juga: Jadi Official Partner di JFW 2021, Mustika Ratu Kenalkan Tren Makeup Gorgeous In Glow Out

 

 

Selain itu, perwakilan mitra pembangunan yang secara konsisten ikut mendorong praktik ramah lingkungan ramah sosial di Indonesia juga akan berbagi perspektif dalam C Channel Class Vol. 5, di antaranya Tiur Rumondang, Country Director RSPO Indonesia; Chandra Panjiwibowo,  Director Asia Pacific Rainforest Alliance; Dippos Naloanro Simanjuntak, Chairman Sustainable Spices Initiative Indonesia; dan Ibrahim Gulagnar, Deputi Sekretaris Jenderal Serikat Petani Kelapa Sawit.

Perbedaan latar belakang dari masing-masing pembicara akan memperkaya muatan informasi yang dibagikan terkait penggunaan komoditas ramah lingkungan ramah sosial dalam produk kecantikan dan kesehatan.

Poin penting dari diskusi dalam C Channel Class Vol. 5 ini adalah betapa pentingnya memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan yang digunakan sehari-hari.

Baca Juga: Di Rumah Aja Selama Pandemi Covid-19 Justru Bisa Jadi Ajang Asah Kreativitas, Yuk Simak Cerita Inspiratif Ini!

Selain memastikan kecocokan kandungan dengan kulit, pengguna hendaknya mengingat bahwa dalam menghasilkan suatu produk kecantikan, banyak hal yang dilibatkan, seperti lahan hutan, petani, serta masyarakat sekitar lahan.

Memilih produk dengan kandungan komoditas ramah sosial dan ramah lingkungan dapat menjadi suatu bentuk tanggung jawab masyarakat pengguna terhadap alam dan lingkungan, sehingga produk kecantikan tidak hanya mempercantik kulit, namun juga dapat membantu keberlanjutan alam dan sosial.

Dapatkan pembahasan yang lebih lengkap dan mendalam di Tabloid NOVA.

Yuk, langsung langganan bebas repot di Grid Store.(*)