Berapa Hari Setelah Terinfeksi Pasien Covid-19 Bisa Menularkan Virus Pada Orang Lain?

By Content Marketing, Senin, 7 Desember 2020 | 21:36 WIB
Ilustrasi bersin di tempat umum (Freepik)

Nova.id – Tingkat penularan Covid-19 di beberapa negara masih tergolong tinggi. Tercatat, pertambahan kasus positif Covid-19 di seluruh dunia dalam sehari masih menyentuh angka ribuan. 

Penularan Covid-19 dapat terjadi ketika droplet berpindah dari satu orang ke orang lainnya, baik saat berbicara, batuk, bersin, atau menyentuh benda yang terkena droplet. Namun, cara penularan penyakit ini terus berkembang.

Begitu pula dengan gejalanya. Bahkan, ada pasien asimptomatik atau tanpa gejala (OTG) yang juga membuat penyebaran virus menjadi makin sulit terdeteksi.

Dua hal tersebut membuat banyak orang khawatir hingga muncul pertanyaan, pada keadaan atau masa inkubasi berapa hari seorang dengan virus corona dapat menularkan Covid-19 ke orang lain?

Mengutip dari pemberitaan Kompas.com (7/12/2020), dokter umum yang juga PhD Candidate di Medical Science di Kobe University, Adam Prabata, mengatakan, mayoritas penderita Covid-19 mampu menularkan virus pada hari ke-2 sebelum gejala hingga hari ke-10 setelah gejala.

Baca Juga: Vaksin Sinovac Sudah Tiba, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Sementara, masa yang berpotensi tinggi menularkan virus berada pada hari ke 0-5  setelah gejala muncul. Namun, kondisi ini bukanlah perhitungan pasti, sebab semakin parah gejala yang dialami, risiko penularannya bisa saja lebih lama.

"Untuk hari setelah gejala (demam dan sesak) itu juga bisa lebih panjang, dan semakin berat gejalanya diduga bisa lebih panjang penularannya," ujar Adam seperti dikutip dari Kompas.com.

Pada pasien dengan gejala berat, menurutnya, masa penularan bisa mencapai 20 hari sejak munculnya gejala Covid-19. Sedangkan pada OTG, penderita juga tetap dapat bisa menularkan virus secara tidak langsung, terutama ketika berbicara tanpa masker.

"Penularan virus itu bisa dari bicara atau menyanyi juga, terutama bila volumenya keras atau berteriak," ujar Adam.

Baca Juga: Kunci ala Dian Sastro agar Efektif Bagi Waktu Kerja dari Rumah: Harus Disiplin

Untuk itu, Adam mengimbau mayarakat agar untuk mengisolasi diri setidaknya 14 hari setelah menyadari berkontak dengan pasien Covid-19. Sedangkan, bagi pasien yang terindikasi positif, setidaknya diperlukan waktu 3 hari hingga tidak lagi menimbulkan gejala.