Jangan Malas, Olahraga 11 Menit Ternyata Bisa Buat Panjang Umur

By Content Marketing, Rabu, 23 Desember 2020 | 09:05 WIB
(Ilustrasi) Olahraga di rumah (Nattakorn Maneerat)

Nova.id – Padatnya aktivitas maupun kesibukan mengurus si kecil, terkadang membuat Sahabat Nova lupa untuk meluangkan waktu berolahraga. Rasa penat dan lelah, membuat tidur terasa lebih menyenangkan di banding harus menggerakan badan.

Padahal, berolahraga selama beberapa menit, ternyata memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari CNBC Make It (6/12/2020), penelitian yang diterbitkan British Journal of Medicine menunjukan bahwa olahraga selama 11 menit setiap hari dapat membuat seseorang lebih panjang umur.

Pasalnya, melalui gerakan olahraga ringan, Sahabat Nova sudah bisa menekan risiko terkena penyakit kardiovaskular serta diabetes tipe 2.

Sebagai pedoman, laman publikasi berjudul physical activity guidelines for Americans menyebut, orang dewasa memerlukan setidaknya 150-300 menit olahraga setiap minggunya melalui aktivitas sedang.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Pilih Istirahat dari Media Sosial, Ternyata Ini Alasannya

Misalnya saja dengan jalan cepat, menyapu halaman rumah, hingga membawa barang atau bahan makanan dengan menaiki tangga.

Kabar baik ini juga berlaku bagi Sahabat Nova yang terbiasa duduk lama ketika bekerja. Melalui gerakan olahraga sedang hingga berat selama 11 menit, kemungkinan meninggal usia muda juga bisa dicegah.

Sebab, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa dari 44.370 responden berusia menengah yang diteliti selama 4-14,5 tahun melalui aplikasi kesehatan, 3.451 responden meninggal dalam kurun waktu tersebut. Artinya, penerapan olahraga rutin cukup berpengaruh pada mereka yang bekerja.

Bagi Sahabat Nova yang terbiasa duduk selama 8-10 jam, aktivitas fisik seperti peregangan atau sekedar berjalan ringan di dekat meja, dapat menjadi solusi untuk hidup lebih panjang umur di banding dengan tidak bergerak sama sekali.

Baca Juga: Keren! 3 Musisi Indonesia Ini Raih Pengharagaan MAMA 2020, Siapa Saja?

Agar lebih disiplin, Sahabat Nova dapat menggunakaan aplikasi pengingat atau aplikasi kesehatan, untuk mengingatkan ketika terlalu lama duduk di kursi.

Sahabat Nova juga dapat berolahraga di lapangan dekat rumah atau halaman rumah sembari tetap menerapkankedisiplinan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) agar kesehatan diri dapat terus terlindung.