Anak Mulai Bete di Rumah dan Rewel, Berikut Cara Mengatasinya

By Content Marketing, Selasa, 8 Desember 2020 | 23:39 WIB
Ilustrasi si kecil murung di rumah (Shutterstock)

Nova.id – Kegiatan belajar dari rumah saat ini masih terus dijalankan guna mencegah risiko infeksi Covid-19 pada anak-anak. Situasi ini awalnya pasti disambut baik oleh anak karena ia tidak perlu bepergian keluar rumah atau bangun pagi demi pergi ke sekolah.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, anak yang sebelumnya antusias kini mulai bosan belajar dan beraktivitas di rumah. Keinginan untuk sekadar jalan-jalan atau main bersama teman mulai ia rindukan. Akibatnya, anak jadi uring-uringan atau rewel di rumah.

Kondisi ini tentu membingungkan para orangtua, situasi pandemi belum bisa dibilang reda, mengajak anak keluar rumah bukanlah hal yang bijak. Meski begitu, ternyata ada beberapa cara mudah yang bisa Sahabat Nova lakukan untuk mengobati kegundahan anak di rumah, lewat tips parenting satu ini.

Dikutip dari Kompas.com (6/12/2020), American Academy (AAP) memberikan sejumlah tips berikut ini untuk melewati stress selama pandemi, apa saja?

Baca Juga: Teddy Tak Henti Pojokkan Anak-Anak Sule, Terkuak Justru Sosok Inilah yang Diminta Lina Jubaedah Jaga si Kecil Bintang

Beri pemahaman

Informasi pandemi yang kian melonjak dari hari ke hari, tentu membuat orangtua maupun anak khawatir. Untuk itu, Sahabat nova dapat memberinya pemahaman akan pentingnya tetap berada di dalam rumah selama pandemi.

Informasikan pada anak bahwa terkena virus bukan saja menghambat kegiatan sehari-hari, tetapi juga membuat anak harus jauh dari keluarga akibat proses karantina.

Ajarkan juga bagaimana langkah pencegahan tertular virus corona dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M) serta tetap di rumah jika tidak untuk kepentingan mendesak yang mengharuskan keluar rumah.

Kenali perasaan anak

Ketika anak rewel, biasanya ia akan mengutarakan perasaan yang ia rasakan. Alih-alih memarahi, katakan pada anak bahwa Sahabat Nova memahami perasaannya, serta mengalihkan perhatian dengan cara mencari hiburan atau permainan baru untuk menghiburnya.

Baca Juga: Masih Romantis Selama 21 Tahun Bersama, Christian Sugiono Beri Kejutan Spesial di Hari Ulang Tahun Titi Kamal