Mau ke Dokter Gigi Saat Pandemi? Simak 5 Tips Ini agar Tetap Aman

By Presi, Selasa, 8 Desember 2020 | 16:34 WIB
(Ilustrasi pergi ke dokter gigi saat pandemi covid-19) Mau ke Dokter Gigi Saat Pandemi? Simak 5 Tips Ini Agar Tetap Aman (LukaTDB)

NOVA.id - Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita harus selalu ingat untuk disiplin protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini.

Caranya, kita bisa menerapkan #ingatpesanibu dan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun).

Di masa pandemi ini, tak sedikit dari kita yang merasa khawatir jika harus pergi ke dokter gigi.

Sebenarnya, untuk berkonsultasi dengan dokter gigi kita bisa memanfaatkan layanan teledental medicine atau teledentistry, yaitu konsultas online kesehatan gigi dan mulut yang sudah disediakan masing-masing fasilitas kesehatan (faskes).

Baca Juga: Vaksin Sinovac Sudah Tiba, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Namun, kita tetap akan dianjurkan untuk bertemu dokter gigi secara langsung jika terjadi kondisi darurat.

Dikutip dari Kompas.com, Dokter Spesialis Konservasi Gigi RSGM Soelastri UMS Solo, drg. Noor Hafida W., Sp.KG, mengungkapkan karena masih pandemi, perawatan kontrol atau pemeriksaan gigi rutin, pembersihan karang gigi, dan perawatan estetik bisa ditunda dulu.

“Masyarakat sementara disarankan untuk datang ke dokter gigi atau RS apabila ada kasus-kasus emergency,” jelas perempuan yang akran disapa dokter Fida itu.

Jika Sahabat NOVA terpaksa harus pergi ke dokter gigi, simak 5 tips aman pergi ke dokter gigi selama pandemi covid-19 dari dokter Fida ini.

Baca Juga: Kunci ala Dian Sastro agar Efektif Bagi Waktu Kerja dari Rumah: Harus Disiplin