Hindari Penularan Virus Corona Pada Anggota Keluarga dengan Melakukan Langkah Preventif  

By Nana Triana, Kamis, 24 Desember 2020 | 20:24 WIB
Ilustrasi seorang ibu memberikan hand sanitizer pada anak perempuannya. (Dok. Shutterstock)

NOVA.id – Meskipun banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti Anda terbebas dari risiko penularan virus corona.

Mengingat saat ini work from office (WFO) sudah banyak diterapkan, kemungkinan ada anggota keluarga yang sering bepergian untuk bekerja. Ada juga kemungkinan kerabat Anda bertamu ke rumah.  

Untuk mencegah terjadinya penularan di dalam lingkup keluarga sehingga terjadi klaster keluarga ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 

Mengutip dari pemberitaan Kompas.com (16//3/2020), Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memberi sejumlah panduan untuk antisipasi virus corona di rumah.

Baca Juga: Kisah Dokter Aulia Giffarinnisa Jadi Relawan untuk Rawat Pasien di Wisma Atlet

Peka terhadap lingkungan sekitar 

Saat banyak menghabiskan waktu di rumah, Sahabat NOVA bisa memanfaatkanya untuk membahas apa yang harus dilakukan jika Covid-19 muncul di tengah keluarga.

Rencanakan cara-cara merawat mereka yang mungkin terinfeksi virus corona dan memiliki risiko lebih besar untuk komplikasi serius. Misalnya, orang-orang tua atau yang memiliki kondisi medis kronis.Nah, bagi Sahabat NOVA yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta penting untuk mengenali tetangga di sekitar rumah. 

Baca Juga: Selain Sinovac, Berikut 5 Vaksin Lain yang Akan Digunakan di Indonesia

Menjaga akses informasi dengan tetangga, misalnya dengan membuat grup Whatsapp atau media sosial lainnya mengenai tingkat infeksi terkini di lingkungan sekitar. 

Selanjutnya, Sahabat NOVA bisa membuat kontak darurat. Hal ini penting dalam kondisi darurat. Kamu bisa memasukan nomor telepon anggota keluarga, teman, tetangga atau lain sebagainnya jika dirasa itu dibutuhkan.

Terapkan protokol kesehatan